Breaking News:

Sukhoi Checkmate, Jet Tempur Siluman Terbaru Rusia Pesaing F-35 Lockheed Martin

Jet tempur Sukhoi Checkmate diproduksi guna menyaingi jet siluman F-35 Lockheed Martin yang harganya selangit.

Sputniknews
JET TERBARU - Jet tempur terbaru Rusia bermesin tunggal ini dipamerkan di MAKS 2021 di Moskow, Selasa (21/7/2021). Jet yang diadaptasi dari Sukhoi Su-57 ini diproyeksi bakal jadi pesaing F-35 AS. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Jet tempur siluman Rusia yang misterius akhirnya dipamerkan ke publik Selasa (21/7/2021).

Jet tempur baru produk industry dirgantara Sukhoi yang ramping itu dimaksudkan menyaingi pesawat siluman F-35 Joint Strike Fighter Lockheed Martin.

Dibangun berdasar teknologi pesawat tempur Su-57-nya, Sukhoi telah menamai pesawat tempur baru tersebut sebagai “Checkmate.”

Sebuah prototipe pesawat tempur ‘skakmat’ ditunjukkan di pembukaan pameran udara MAKS-2021 di Bandara Zhukovsky, tenggara Moskow.

Pameran berlangsung dari 20-25 Juli, dan Sputniknews adalah mitra media resminya. Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi pameran pada hari pembukaannya.

Baca juga: Rusia Rilis Orion-E, Drone Maut Penghancur Tank dan Ranpur Lapis Baja

Baca juga: Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Jelajah Hipersonik Tsirkon

Chekmat atau Skakmat dimaksudkan untuk pasar ekspor. Video promosi yang dirilis sehari sebelum pameran menunjukkan minat Uni Emirat Arab, India, Vietnam, dan Argentina.

“Memang akan berorientasi ke negara-negara Afrika, India dan Vietnam. Permintaan pesawat ini cukup tinggi, diperkirakan setidaknya 300 pesawat dalam waktu dekat,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov.

Sukhoi mengharapkan untuk memulai pengiriman dalam waktu kurang dari enam tahun.

Kepala Rostec Sergei Chemezov mengatakan Checkmate akan menelan biaya sekitar $25-30 juta per unitnya.

Ini harga ekonomis ketimbang beberapa jet tempur canggih Eropa seperti Dassault Rafale dan Saab Gripen. Dibandingkan F-35 Lockheed, Chekmate jauh lebih murah.

Halaman
123
Editor: Setya Krisna Sumarga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved