Breaking News:

Konflik di Afghanistan

Norwegia Pasrah Alutsista Mereka Akan Jatuh ke Tangan Taliban

Militer Norwegia masih memiliki perangkat keras pertahanan (alutsista) yang ditempatkan berbaris di bandara internasional di Kabul, ibu kota Afghanist

AFP/-
Milisi Taliban duduk di atas kendaraan di sebuah jalan di provinsi Laghman, Afghanistan. pada 15 Agustus 2021. (STR/AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, OSLO - Angkatan Bersenjata Norwegia masih memiliki perangkat keras pertahanan (alutsista) yang ditempatkan berbaris di bandara internasional di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Peralatan militer itu dimaksudkan untuk disumbangkan kepada pasukan khusus Afghanistan.

Namun, saat ini Alutsista tersebut berisiko berakhir di tangan Taliban.

Hal tersebut disampaikan Kolonel dan Kepala Departemen Logistik, Morten Anderssen di Markas Besar Operasi Gabungan Angkatan Bersenjata Norwegia.

"Peralatan yang ingin kami sumbangkan itu termasuk sepasang kendaraan off-road ringan, ATV, total enam Toyota Land Cruiser lapis baja, sejumlah kontainer, beberapa peralatan dan barang yang telah kami pakai," kata Anderssen.

Baca juga: Wali Kota Perempuan Afghanistan Pasrah Jika Dibunuh Taliban Saya Duduk di Sini Menunggu Mereka

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (18/8/2021), Anderssen menekankan prioritas utama mereka saat ini adalah mengeluarkan personel dari Afghanistan.

Jika seluruh personel militer Norwegia telah ditarik dari negara itu, mereka hanya akan memikirkan terkait apa yang harus dilakukan terhadap material tersebut.

"Kami harus memutuskan apakah kami harus mencoba mendapatkan Land Cruiser ini dan bahan khas lainnya, membuatnya tidak berguna di sana atau menerima kenyataan bahwa itu akan digunakan oleh orang lain," kata Anderssen.

Baca juga: Zabiullah Mujahid Muncul di Hadapan Publik Pertama Kali, Sebut Tak Ingin Warga Afghanistan Pergi

Ia kembali menekankan tujuannya saat ini adalah untuk membawa semuanya kembali ke Norwegia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved