Breaking News:

Bagaimana Proses Pemilihan Presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) Jepang?

Tahun lalu proses pemilihan Presiden partai demokrat liberal (LDP) hanya sekitar 2 minggu setelah mantan PM Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri dan

Foto Richard Susilo
Lima calon Presiden LDP di mana tiga dari kiri telah pasti dan dua lainnya (Ishiba dan Noda) masih belum resmi memutuskan untuk ikut dalam pencalonan Presiden LDP. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Tahun lalu proses pemilihan Presiden partai demokrat liberal (LDP) hanya sekitar 2 minggu setelah mantan PM Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri dan digantikan PM Yoshihide Suga.

Kini lima minggu tersedia waktu untuk proses pemilihan Presiden LDP sehingga 3 calon terutama Fumio Kishida mantan menlu Jepang sangat memanfaatkan sekali waktu 5 minggu ini untuk kampanyenya di masyarakat.

"Saya tahun lalu rasanya repot sekali hanya 2 minggu proses dan kampanye pemilihan Presiden LDP. Tapi kini lumayan 5 minggu sebelumnya sudah bisa mengumumkan pencalonan diri dan bisa agak lama berkampanye di tengah masyarakat," papar Kishida siang ini (9/9/2021).

Prosesnya dimulai dengan pengumuman resmi semua calon yang mau ikut dalam pemilihan Presiden LDP, secara resmi tanggal 17 September (Jumat).

Alur proses pemilihan Presiden partai demokrat liberal (LDP) Jepang
Alur proses pemilihan Presiden partai demokrat liberal (LDP) Jepang (Foto Richard Susilo)

Berarti Kishida telah mencuri start lebih awal dari calon lainnya dan berhasil menjabarkan semua programnya dengan cepat kepada masyarakat.

Mengapa bisa demikian? Karena Kishida adalah pemimpin fraksi Kishida dnegan jumlah anggota 46 orang. Untuk bisa ikut pemilihan Presiden LDP haruslah anggota parlemen dan mendapat dukungan dari sedikitnya 20 anggota LDP dan Kishida sudah memiliki hal tersebut sejak awal dibandingkan calon lainnya.

Setelah pengumuman resmi 18 September tersebut langsung dengan kampanye masing-masing hingga 28 September dan 29 September menghitung jumlah suara serta mengumumkan siapa pemenang pemilihan internal partai LDP, siapa yang menjadi Presiden Baru LDP.

Syarat penghitungan bagaimana?

Jumlah suara total adal 766 suara anggota LDP yaitu 383 suara dari anggota LDP yang juga anggota parlemen Jepang dan 383 anggota LDP yang bukan anggota parlemen.

Pemenangnya harus bisa mengumpulkan sedikitnya 384 suara yang berarti separuh plus satu dari total suara 766 tersebut.

Apabila tidak mencapai 384 suara, maka cari penghitungannya dengan melihat jumlah terbanyak dari 383 suara yang juga anggota parlemen Jepang, plus 47 suara (masing-masing 1 suara dari 1 prefektur).

Satu suara dari satu prefektur akan disampaikan oleh Ketua LDP di sebuah prefektur, dimasukkan ke dalam perhitungan suara pemilihan Presiden LDP.

Jepang memiliki 47 prefektur. Satu prefektur satu suara LDP. Jumlah suara terbanyak itulah yang akan memenangkan pemilihan, menjadi Presiden baru LDP mendatang tanggal 29 September 2021.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved