Breaking News:

Sosok Bos Huawei, Putri Miliuner China yang Akhirnya Dibebaskan Setelah 3 Tahun Ditahan Kanada

Seperti diketahui, Meng ditangkap di Bandara Internasional Vancouver atas perintah otoritas AS pada 1 Desember 2018.

AFP
Kepala keuangan Huawei Meng Wanzhou (tengah) berbicara kepada media di Mahkamah Agung British Columbia setelah sidang ekstradisinya berakhir dengan kemenangannya, di Vancouver British Columbia, Kanada pada 24 September 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou tiba di China pada Sabtu (25/9/2021) waktu setempat, mengakhiri masa berstatus tahanan rumah di kediamannya di Vancouver, Kanada.

Pada hari yang sama, dua orang Kanada yang ditahan oleh Beijing selama lebih dari 1.000 hari pulang ke rumah, berpotensi membuka jalan bagi peningkatan hubungan antara China dan dua sekutu barat.

Seperti diketahui, Meng ditangkap di Bandara Internasional Vancouver atas perintah otoritas AS pada 1 Desember 2018.

Penangkapan Meng Wanzhou membuat China marah. Beijing menuduh AS sengaja melakukan serangan politik terhadap salah satu raksasa teknologi Asia.

Setelah ditangkap pada 2018, Meng Wanzhou menjalani hukuman di sebuah rumah mewah di sebuah kota di Kanada Barat. Ia dipasangi gelang kaki untuk memantau pergerakannya.

Baca juga: China Bebaskan Dua Warga Kanada Yang Diduga Mata-mata Setelah Bos Huawei Dibebaskan

Meng dibebaskan Kanada setelah mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat. China lantas melepaskan dua warga Kanada yang dituduh melakukan aksi mata-mata.

"Hidup saya telah dijungkirbalikkan. Masa-masa itu sungguh mengganggu buat saya," kata Meng kepada wartawan setelah dibebaskan Kanada.

"Semua ada hikmahnya. Saya tidak akan lupa semua doa yang saya terima dari orang-orang di seluruh dunia," lanjutnya.

Tak seberapa lama kemudian dia menumpang pesawat maskapai Air China menuju Kota Shenzhen, seperti dilaporkan AFP.

Meng.
Meng. ()

Sementara mengutip Reuters, Minggu (26/9/2021), Meng, putri pendiri Huawei Technologies Ren Zhengfei diizinkan pulang setelah mencapai kesepakatan dengan jaksa AS pada Jumat untuk mengakhiri kasus penipuan bank terhadapnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved