Breaking News:

Koalisi Komeito: Kabinet Terbaik Fumio Kishida Tetap Bertahan Setelah Pemilu 31 Oktober

Koalisi pemerintah Jepang partai Komei (Komeito) melihat kabinet pemerintahan Jepang ke-100 yang dibentuk PM Fumio Kishida akan tetap bertahan setelah

Richard Susilo
Natsuo Yamaguchi (65) Ketua Partai Politik Komei (Komeito) dan anggta majelis tinggi parlemen Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Koalisi pemerintah Jepang partai Komei (Komeito) melihat kabinet pemerintahan Jepang ke-100 yang dibentuk PM Fumio Kishida akan tetap bertahan setelah pemilu 31 Oktober 2021 mendatang.

"Kabinet akan tetap bertahan meskipun ada pemilu majelis rendah Jepang tanggal 31 Oktober mendatang," papar Presiden Komeito, Natsuo Yamaguchi (69) khusus kepada Tribunnews.com siang ini (5/10/2021).

PM Kishida kemarin mengumumkan pemilu nasional (majelis rendah) akan diumumkan hasilnya 31 Oktober 2021.

Apabila para anggota parlemen yang terpilih tetap dengan mayoritas seperti sekarang dikuasi partai liberal demokrat (LDP) dan Komeito, maka tak ada perubahan apa pun dalam kabinet pemerintahan PM Kishida sampai nanti sekali pun.

"Saya melihat kabinet sekarang terbaik sangat bagus dengan susunan para politisi muda dan memiliki berbagai keahlian yang baik. Jadi saya yakin akan disukai masyarakat Jepang," tambahnya.

Diakui Yamaguchi pula mungkin tidak ada yang sempurna, namun secara kesuluran sangatlah baik dan dipercayai memiliki daya tarik tinggi bagi masyarakat untuk mempercayai kabinet yang ada sekarang.

"Tinggal kita kampanye pemilu nanti mulai 19 Oktober setelah parlemen dibubarkan 14 Oktober lalu memberikan sosialisasi yang sebanyak mugkin kepada rakyat mengenai perhatian yang besar kabinet sekarang kepada masyarakat luas."

Demikian pula untuk antisipasi covid-19 Yamagucghi melihat struktur dan personalia yang sudah bagus di kabinet Jepang dan dipercaya bisa mengantisipasi pandemi corona dengan lebih baik lagi oleh kabinet baru Kishida saat ini.

"Kami sendiri mengusulkan subsidi 100.000 yen bagi setiap anak nantinya yang ada di Jepang dan tampaknya dalam jumpa pers PM Kishida kemarin pun juga telah disinggung mengenai hal tersebut. Jadi pada keseluruhan saya melihat kabinet kali ini terbaiklah."

Demikian pula, tambah Yamaguchi, kalangan pengusaha Jepang pun tampak sekali mendukung dengan baik kabinet baru PM Kishida ini.

"Dengan dukungan kalangan bisnis yang solit kami percaya perekonomian Jepang akan bangkit kembali dengan baik pula dalam masa mendatang dengan semangat kebersamaan dan persatuan warga yang ada di Jepang," tekannya lebih lanjut.

Komeito menempatkan satu personalianya di kabinet PM Kishida yaitu Menteri transportasi Infrastruktur pertanahan dan pariwisata Jepang, Tetsuo Saito yang juga salah satu pimpinan di Komeito.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved