Breaking News:

Penanganan Covid

Studi: Vaksin Covid-19 Buatan India, Covaxin, Sangat Manjur Tanpa Masalah Keamanan

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Lancet menyebutkan vaksin Covid-19 Covaxin buatan India sangat manjur dan tidak menimbulkan masalah keamanan

Editor: hasanah samhudi
NORBERTO DUARTE / AFP
(FILES) File foto yang diambil pada 14 April 2021 dari botol vaksin COVAXIN di rumah sakit umum di Villa Elisa, Paraguay. 

TRIBUNNEWS.COM – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa Covaxin, vaksin Covid-19 pertama yang dikembangkan di India, sangat manjur dan tidak menimbulkan masalah keamanan.

“Covaxin sangat manjur terhadap penyakit Covid-19 bergejala yang dikonfirmasi laboratorium pada orang dewasa,” ungkap hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal medis Lancet.

“Suntikan vaksin juga ditoleransi dengan baik tanpa masalah keamanan dalam analisis sementara ini,” sebut Lancet, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Covaxin memperoleh persetujuan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu.

Vaksin tersebut telah disetujui untuk digunakan di 17 negara.

Baca juga: WHO Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Covaxin Buatan India, Efikasi 78%

Baca juga: Inggris akan Akui Vaksin Sinovac, Sinopharm dan Covaxin

Ini merupakan vaksin kedelapan yang mendapat lampu hijau oleh badan kesehatan.

Vaksin Covid-19 lain yang masuk daftar yang disetujui WHO adalah vaksin yang diproduksi oleh Pfizer/BioNTech, Moderna, AstraZeneca, Johnson&Johnson, Sinopharm dan Sinovac.

Dikenal dengan kode BBV152, Covaxin adalah vaksin Covid-19 berbasis virus yang tidak aktif yang dikembangkan oleh Bharat Biotech, bekerja sama dengan Dewan Penelitian Medis India dan Institut Virologi Nasional.

WHO menggambarkan Covaxin sebagai "sangat cocok untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah karena persyaratan penyimpanan yang mudah".

Beberapa vaksin lain yang disetujui harus disimpan pada suhu yang sangat rendah, yang menimbulkan masalah logistik dan biaya.

Baca juga: Hasil Penelitian: Vaksin Covid-19 Covaxin Efektif Melawan Varian Delta Plus

Baca juga: Vaksin Buatan India, COVAXIN Ditolak Pekerja Kesehatan Lokal dan Diragukan Kemanjurannya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved