Breaking News:

PLTN Ikata Unit 3 Ehime Jepang Mulai Beroperasi Lagi Desember 2021

Shikoku Electric Power Co mengumumkan akan memulai dan melanjutkan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ikata Unit 3 pada Desember 2021.

Editor: Dewi Agustina
Foto NHK
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ikata Unit 3 Ehime, Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Shikoku Electric Power Co, Senin (22/11/2021) mengumumkan akan memulai dan melanjutkan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ikata Unit 3 pada Desember 2021 nanti.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ikata Unit 3 ini tidak beroperasi dalam waktu sekitar 1 tahun 11 bulan.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Ikata Unit 3 melakukan inspeksi rutin pada bulan Desember 2020 lalu.

Tetapi setelah itu, ada serangkaian masalah seperti secara tidak sengaja mencabut batang kendali yang menyesuaikan output reaktor, dan personel siaga darurat ke luar tanpa izin.

Pelanggaran peraturan keamanan juga ditemukan.

Untuk alasan ini, Shikoku Electric Power Co Inc menjelaskan langkah-langkah pencegahan terulangnya ke Prefektur Ehime dan Kota Ikata, dan prefektur lainnya.

Akhirnya semua menyatakan niat mereka untuk mengizinkan restart PLTN tersebut dengan syarat keselamatan adalah prioritas tertinggi.

Baca juga: Mengintip Aktivitas di PLTN Fukushima Jepang Pasca Ledakan 10 Tahun Lalu

Menanggapi hal ini, Shikoku Electric Power Co Inc mengadakan konferensi pers di Kantor Prefektur Ehime, Senin (22/11/2021), memulai reaktor pada tanggal 2 Desember, melanjutkan transmisi daya pada tanggal 6 Desember, dan memulai operasi komersial pada tanggal 4 Januari 2022.

Jika berjalan sesuai rencana, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ikata Unit 3 akan beroperasi untuk pertama kalinya dalam waktu sekitar 1 tahun 11 bulan.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memulihkan kepercayaan masyarakat setempat dan mengoperasikannya dengan aman," kata Yoshi Koizumi, Manajer Umum Kantor Pusat Tenaga Nuklir Tenaga Listrik Shikoku saat konferensi pers.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved