Breaking News:

Tedengar Suara Ledakan di Dekat Fasilitas Nuklir Utama Iran, Rupanya Uji Coba

Ledakan keras terdengar di dekat fasilitas nuklir utama Iran, Natanz, media pemerintah menjelaskan bahwa itu adalah bagian dari uji coba terkontrol.

HANDOUT / IRAN ATOMIC ORGANIZATION (AEOINEWS) / AFP
Foto dari Organisasi Energi Atom Iran yang menunjukkan sebuah gudang rusak di Natanz, salah satu fasilitas pengayaan uranium utama milik Iran, yang berada di selatan Ibu Kota Teheran, (2/7/2020). Pekan lalu, terjadi insiden kebakaran atau ledakan di fasilitas nuklir tersebut, tetapi sampai sekarang belum ada pernyataan resmi mengenai penyebabnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah ledakan keras terdengar di dekat fasilitas nuklir utama Iran, Natanz.

Ledakan besar dan kilatan cahaya di langit dilaporkan sekitar 20:15 waktu setempat (16:45 GMT) pada hari Sabtu di Badroud, 20 kilometer dari tempat fasilitas pengayaan berada.

Media pemerintah menjelaskan bahwa itu adalah bagian dari uji coba terkontrol.

Melansir Al Jazeera, fasilitas nuklir Natanz sebelumnya menjadi sasaran serangan sabotase.

Baca juga: Iran Tembakkan Rudal Pertahanan Udara Dekat Fasilitas Nuklir Natanz, Sebut Sebagai Uji Coba

Baca juga: Menlu Iran Tuduh Israel Sabotase Instalasi Pengayaan Nuklir Natanz

Gambar satelit dari Maxar Technologies pada 8 Januari 2020 menunjukkan gambaran umum fasilitas nuklir Natanz Iran, di selatan ibukota Teheran. Kantor berita IRNA melaporkan, sebuah ledakan keras terdengar pada Sabtu (4/12/2021) di langit kota Badroud di Iran, hanya 20 kilometer (12 mil) dari fasilitas pengayaan uranium Natanz.
Gambar satelit dari Maxar Technologies pada 8 Januari 2020 menunjukkan gambaran umum fasilitas nuklir Natanz Iran, di selatan ibukota Teheran. Kantor berita IRNA melaporkan, sebuah ledakan keras terdengar pada Sabtu (4/12/2021) di langit kota Badroud di Iran, hanya 20 kilometer (12 mil) dari fasilitas pengayaan uranium Natanz. (Citra satelit © 2021 Maxar Technologies / AFP)

Maka dari itu, muncul spekulasi bahwa ledakan itu diakibatkan oleh sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara yang menargetkan objek musuh, yang diperkirakan adalah drone.

Nournews, sebuah outlet yang dekat dengan pasukan keamanan Iran, mengkonfirmasi sebuah rudal pertahanan udara ditembakkan dan meledak di langit.

Sama seperti yang disebutkan media pemerintah, outlet itu menerangkan bahwa ledakan yang terdengar adalah bagian dari uji reaksi cepat.

Televisi pemerintah kemudian mengkonfirmasi kabar itu.

Baca juga: Dua Negara Pemilik Senjata Nuklir Ini Kompak Tidak Akan Biarkan Iran Punya Senjata Nuklir

Baca juga: Inggris dan Israel Sepakat Cegah Iran Memperoleh Senjata Nuklir

Foto dari Organisasi Energi Atom Iran yang menunjukkan sebuah gudang rusak di Natanz, salah satu fasilitas pengayaan uranium utama milik Iran, yang berada di selatan Ibu Kota Teheran, (2/7/2020). Pekan lalu, terjadi insiden kebakaran atau ledakan di fasilitas nuklir tersebut, tetapi sampai sekarang belum ada pernyataan resmi mengenai penyebabnya.
Foto dari Organisasi Energi Atom Iran yang menunjukkan sebuah gudang rusak di Natanz, salah satu fasilitas pengayaan uranium utama milik Iran, yang berada di selatan Ibu Kota Teheran, (2/7/2020). Pekan lalu, terjadi insiden kebakaran atau ledakan di fasilitas nuklir tersebut, tetapi sampai sekarang belum ada pernyataan resmi mengenai penyebabnya. (HANDOUT / IRAN ATOMIC ORGANIZATION (AEOINEWS) / AFP)

Dikatakan bahwa tes itu adalah bagian dari latihan yang secara teratur dilakukan di bawah pengawasan otoritas pertahanan udara setempat.

Tidak ada kerusakan yang terjadi di daerah setempat sebagai bagian dari tes.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved