Konflik Rusia Vs Ukraina

Joe Biden Beri Tambahan Bantuan 800 Juta Dolar AS ke Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan memberikan bantuan militer tambahan sebesar 800 juta dolar AS ke Ukraina

Brendan SMIALOWSKI / AFP
Presiden Amerika Serikat Joe Biden 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan memberikan bantuan militer tambahan sebesar 800 juta dolar AS ke Ukraina untuk membantu meningkatkan pertahanan terhadap serangan Rusia.

“Paket bantuan tambahan itu akan mencakup sistem artileri, peluru artileri, pengangkut personel lapis baja dan helikopter,” kata Biden dikutip dari Aljazeera, Kamis (14/4/2022).

“Pasokan senjata yang diberikan oleh Amerika Serikat dan Sekutu serta mitranya ke Ukraina sangat penting dalam mempertahankan perjuangannya melawan invasi Rusia,” tambahnya.

Baca juga: 1.000 Marinir Ukraina Menyerah ke Tentara Rusia Setelah Dikepung di Kota Mariupol

Sebelumnya, Presiden Zelenskyy telah meminta kepada para pemimpin AS dan Eropa untuk menyediakan senjata dan peralatan yang lebih berat untuk melawan serangan Rusia, yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Bantuan terbaru itu menambah jumlah total bantuan yang telah diberikan AS ke Ukraina menjadi lebih dari 2,4 miliar dolar AS.

Alan Fisher, reporter Al Jazeera mengatakan, paket bantuan militer itu tidak memerlukan persetujuan kongres, dan senjata-senjata itu akan tiba di Ukraina secepat mereka bisa mendapatkannya di sana.

“Beberapa peralatan baru akan memerlukan pelatihan untuk pasukan Ukraina,” kata juru bicara Pentagon, John Kirby.

Baca juga: AS untuk Pertama Kalinya Kirim Artileri Berat ke Ukraina, Ini Alasan dan Jenis Senjatanya

“Sistem yang mungkin memerlukan beberapa pelatihan tambahan untuk pasukan Ukraina seperti howitzer dan radar kontra artileri. Ini bukan sistem yang sangat sulit untuk dioperasikan, tetapi bukan sistem yang mereka miliki dalam inventaris mereka,” tambah Kirby.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved