Konflik Rusia Vs Ukraina

Ibu Negara AS Jill Biden Bertemu Pengungsi Ukraina di Slovakia

Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden dijadwalkan mengunjungi Rumania dan Slovakia pekan ini, bertemu dengan orang tua dan anak-anak Ukraina.

AFP
Ibu Negara AS Jill Biden berbicara dalam upacara penghormatan kepada Dewan Guru Nasional dan Guru Negara Tahun 2022 Dewan Kepala Sekolah Negara Bagian, di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, 27 April 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden dijadwalkan mengunjungi Rumania dan Slovakia pekan ini.

Kantornya mengatakan Jill akan bertemu dengan orang tua dan anak-anak Ukraina yang mengungsi, pekerja bantuan, anggota layanan AS, dan personel kedutaan, Senin (2/5/2022).

Dilansir France24, Rumania dan Slovakia telah menampung ratusan ribu pengungsi Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia.

Kunjungan Jill bertepatan dengan peringatan Hari Ibu Amerika Serikat yang jatuh pada Minggu (1/5/2022).

Baca juga: Pesan Menohok Zelensky ke Militer Rusia: Lebih Baik Bertahan di Rusia daripada Mati di Ukraina

Baca juga: Rusia Menjarah Kendaraan Pertanian Rp 72,6 Miliar dari Ukraina lalu Dikirim ke Chechnya

Ibu Negara AS Jill Biden berbicara dalam upacara penghormatan kepada Dewan Guru Nasional dan Guru Negara Tahun 2022 Dewan Kepala Sekolah Negara Bagian, di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, 27 April 2022.
Ibu Negara AS Jill Biden berbicara dalam upacara penghormatan kepada Dewan Guru Nasional dan Guru Negara Tahun 2022 Dewan Kepala Sekolah Negara Bagian, di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, 27 April 2022. (AFP)

Jill melakukan perjalanan ke kota Kosice dan desa Vysce Nemecke.

"Pada Hari Ibu, dia akan bertemu dengan ibu dan anak Ukraina yang terpaksa meninggalkan negara asal mereka karena perang Putin," kata kantor Jill Biden.

Dukungan untuk Ukraina

Kunjungan Ibu Negara tersebut merupakan bentuk dukungan AS terbaru untuk Ukraina dan negara-negara yang membantunya.

Agenda Jill Biden mengikuti perjalanan ke Kyiv oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada Sabtu (30/4/2022).

Selama perjalanannya 5-9 Mei, Jill Biden akan mengunjungi anggota layanan AS di Rumania pada Jumat (5/5/2022), sebelum menuju ke Bucharest.

Di Ibu Kota Rumania pada Sabtu (6/5/2022), Jill akan bertemu dengan anggota pemerintah, staf kedutaan AS dan guru yang bekerja dengan anak-anak Ukraina yang terlantar, kata pernyataan dari kantornya.

Baca juga: Rusia Jarah Kendaraan Pertanian Senilai Rp 72,6 Miliar dari Ukraina lalu Dikirim ke Chechnya

Perjalanannya juga termasuk kunjungan ke Ibu Kota Slovakia Bratislava untuk bertemu dengan staf kedutaan AS dan pejabat pemerintah.

Hampir 5,5 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi pada 24 Februari, menurut badan pengungsi PBB UNHCR.

Lebih dari tiga juta melarikan diri ke Polandia, sementara Rumania telah mengambil 817.000 dan Slovakia hampir 372.000, pada 29 April.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved