Konflik China dan AS

Beijing Mengutuk Sikap Washington yang Penuh Tipu Muslihat

Pemerintah China mengutuk kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Taipei, Taiwan. Beijing menyebut AS melakukan banyak tipu muslihat.

tst
Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengutuk kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Taiwan. Wang menganggap AS melanggar komitmen kebijakan Satu China. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Pemerintah China mengutuk kehadiran Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Taipei, Taiwan, Selasa (2/8/2022) malam.

Beijing juga menyatakan pemerintahan AS di Washington memberikan lebih banyak tipu muslihat, berdalih perjalanan Nancy Pelosi itu keputusan pribadi bersangkutan.

China seperti dikutip Global Times, media yang dikontrol pemerintah Beijing, menganggap AS terus melubangi prinsip satu-China yang menjadi landasan hubungan China-AS.

Para pejabat dan pakar China memperingatkan semua konsekuensi dari langkah yang sangat berbahaya dan provokatif ini akan ditanggung Washington.

Kunjungan semacam itu juga akan selamanya mengubah situasi lintas-Selat Taiwan dan memberikan dampak destruktif pada hubungan China-AS yang sudah sulit.

Baca juga: BREAKING NEWS : Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diyakini Telah Mendarat di Taiwan

Baca juga: Di Taipei Nancy Pelosi Beri Pernyataan Dukung Demokrasi Taiwan

Baca juga: China Umumkan Uji Tembak Rudal Non-Nuklir, Sasaran Ada di Dekat Pulau Taiwan

Tak lama setelah Pelosi tiba di Pangkalan Militer Songshan Taipei, Kemenlu China, Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, Kantor Urusan Taiwan dari Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Komite Urusan Luar Negeri dari Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok Komite Nasional Konferensi dan Kementerian Pertahanan Nasional mengeluarkan pernyataan.

Secara serempak mereka mengutuk kunjungan tersebut, mencatat itu sangat merusak fondasi politik hubungan China-AS dan mengirimkan pesan yang salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan".

Pada Selasa malam hanya beberapa jam sebelum waktu kedatangan Pelosi yang direncanakan di Taiwan, anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi menekankan posisi serius China.

Ia memperingatkan beberapa politisi AS yang egois bermain api dan datang ke Taiwan akan menjadi musuh bagi 1,4 miliar orang China.

Wang juga mengatakan AS telah melanggar janjinya dan berkhianat dalam masalah Taiwan, dengan mengatakan perilaku seperti itu di menghina.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved