Konflik Rusia Vs Ukraina

Pilot Jet Tempur Terbaik Ukraina yang Jadi Momok Rusia Dikabarkan Tewas Saat Membela Tanah Air

Seorang kapten dengan nama itu terdaftar di antara serdadu yang dianugerahi berbagai penghargaan oleh Presiden Ukraina Vladimir Zelensky bulan lalu

Editor: Hendra Gunawan
(USA Today/AFP/Getty Images/Alexander Kots
Ilustrasi, Sukhoi SU-24. Angkatan Udara Ukraina kehilangan satu pilot terbaiknya 

TRIBUNNEWS.COM – Angkatan Udara Ukraina kehilangan satu pilot terbaiknya. Anton Listopad, kapten pesawat SU-24 AU Ukraina dikabarkan oleh media Rusia telah meninggal dunia saat membela tanah airnya.

Meski demikian, informasi mengenai kematian Anton Listopad belum diketahui.

Russia Today mengabarkan, Anton Listopad digambarkan oleh militer sebagai pilot pesawat tempur ‘ace’.

Informasi kematiannya tersebut dikabarkan dalam obituary (laporan kematian) di sekolah masa kecilnya.

Baca juga: Diduga Lakukan Aksi Mata-mata, Pesawat Inggris Diusir Oleh Jet MiG-31BM Rusia di Laut Barents

Lembaga di kota Ivano-Frankovsk mengatakan di media sosial bahwa Anton Listopad "diakui pada tahun 2019 sebagai pilot terbaik Angkatan Udara Ukraina dan mengambil bagian dalam aksi militer di timur Ukraina."

Seorang kapten dengan nama itu terdaftar di antara serdadu yang dianugerahi berbagai penghargaan oleh Presiden Ukraina Vladimir Zelensky bulan lalu.

Pria itu memiliki halaman Wikipedia sendiri di ensiklopedia online versi Ukraina, meskipun hanya dibuat dua hari sebelum pesanan Zelensky diterbitkan.

Sekolah yang mengumumkan kematian Listopad menerbitkan biografi pria itu tahun lalu, yang menurutnya dia bergabung dengan angkatan bersenjata Ukraina pada 2010.

Dia menjalani dua operasi untuk memenuhi syarat menjadi pilot tempur, dan belajar di sekolah penerbangan militer di Kharkov, yang dia lulus pada tahun 2018, mewujudkan impian masa kecilnya, kata artikel itu.

Anton Listopad, penerbang terbaik Ukraina yang dikabarkan tewas
Anton Listopad, penerbang terbaik Ukraina yang dikabarkan tewas (wiadomosci.gazeta.pl)

Listopad berusia 31 pada saat kematiannya, dilihat dari biografinya.

Artikel itu memuat beberapa foto dirinya sebagai mahasiswa, mengemudikan jet tempur, dan menerima Order for Courage dari Zelensky.

Baca juga: UPDATE Perang Rusia-Ukraina: Penembakan di PLTN Zaporizhzhia, 3 Warga Tewas di Laut Hitam

Berita kematian itu menyatakan bahwa Listopad memimpin parade udara di atas Kiev selama perayaan kemerdekaan negara itu tahun lalu, dengan “jutaan orang Ukraina menonton dengan gembira dan bangga.”

Militer Rusia mengatakan bahwa para penerbang jet tempur Zelensky memiliki kendali yang hampir tak terbantahkan atas wilayah udara sebagian besar Ukraina, membuat sebagian besar misi tempur oleh pilot militer Ukraina menjadi sangat berbahaya dan menjadi momok Rusia.

Menurut pembaruan terbaru oleh Kementerian Pertahanan Rusia, lebih dari 260 jet tempur Ukraina telah dihancurkan selama konflik, baik di udara maupun di darat, oleh pesawat tempur dan pertahanan udara Rusia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved