Acara Budaya Indonesia Day Digelar di Toride Ibaraki Jepang 15 Oktober 2022

Acara budaya Indonesia bertajuk Event Indonesia Day akan diselenggarakan di Toride Ibaraki Jepang, Sabtu (15/10/2022).

Editor: Dewi Agustina
Istimewa
Acara budaya Indonesia bertajuk Event Indonesia Day akan diselenggarakan di Toride Ibaraki Jepang, Sabtu (15/10/2022). Acara ini akan menampilkan tari-tarian, gamelan, angklung dan makanan khas Indonesia. Foto Yulia Rosa sedang menari dalam suatu acara kesenian Indonesia di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Acara budaya Indonesia bertajuk Event Indonesia Day akan diselenggarakan di Toride Ibaraki Jepang, Sabtu (15/10/2022).

Acara ini akan menampilkan tari-tarian, gamelan, angklung dan makanan khas Indonesia.

Indonesia Day akan berlangsung di Wellness Plaza Toride, hanya 2 menit jalan kaki dari stasiun JR Toride.

Ketua Panitia Penyelenggara Event Indonesia Day di Toride, Yulia Rosa mengatakan event ini bertujuan untuk mempererat persahabatan Jepang dan Indonesia.

Baca juga: Cegah Budaya Kekerasan Lewat Penanaman Sejak Dini Nilai-Nilai Kebangsaan

"Untuk mempererat persahabatan Jepang dan Indonesia dengan memperlihatkan langsung kebudayaan Indonesia berupa tarian, gamelan, angklung dan makanan Indonesia ke penduduk di Toride Ibaraki Ken dan sekitarnya," kata Yulia Rosa saat dikonfirmasi Tribunnews, Senin (13/9/2022).

Event ini sekaligus sebagai ajang temu kangen silaturahmi dengan teman-teman WNI yang ada di Jepang.

Yulia berharap persabatan Indonesia dan Jepang semakin terjalin dengan lebih erat lagi.

"Memberikan kesan tersendiri bagi yang menonton acara ini dengan workshop mengajak menari tari Bali, memainkan angklung dan gamelan bersama-sama," papar Yulia.

Yulia juga memohon bantuan teman-teman WNI untuk mensukseskan acara ini dengan mengajak teman-teman yang lain termasuk warga Jepang dan orang asing lain yang ada di Jepang untuk hadir dan mempromosikan acara ini.

"Juga bisa mengajak keluarga, sahabat atau teman-teman sekerja orang Jepang di sekitarnya," harapnya.

Event ini Indonesia Day bekerja sama dengan grup tari Duta Melati, JEI Angklung dan Bli Bagus Rindik Bali yang didukung oleh Kyodai Remittance.

Yulia mengaku sudah beberapa kali ikut berpartisipasi dengan menari tarian tradisional Indonesia di beberapa daerah di Jepang dengan grup Duta Melati pimpinan Tini Kodrat sejak tahun 2003.

Yulia juga memiliki harapan agar acara ini dapat terus berkesinambungan mengenalkan dan mengembangkan budaya kesenian Indonesia di Jepang.

Baca juga: 10 Sutradara Kumpul di Project Piknik Pesona, Bawa Kisah Budaya Indonesia

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved