Konflik Rusia Vs Ukraina

Pasukan Rusia yang Mundur Tinggalkan Ranjau di Dekat Kherson Ukraina

Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia eninggalkan ranjau di desa-desa Ukraina selatan saat mereka mundur di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper.

Andrey BORODULIN / AFP
Pemandangan dari udara menunjukkan kota Kherson pada 20 Mei 2022. - Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia meninggalkan ranjau di desa-desa Ukraina selatan saat mereka mundur di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Rusia meninggalkan ranjau di desa-desa Ukraina selatan saat mereka mundur di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper, kata militer Ukraina, Rabu (5/10/2022).

Itu terjadi ketika pasukan Ukraina telah berhasil merebut wilayah selatan, mendorong ke arah Kota Kherson yang diduduki dan merebut Kota Zolota Balka di tepi barat sungai Dnipro, menurut seorang pejabat regional dan blogger militer pro-Rusia.

"Meninggalkan pemukiman di wilayah Kherson, musuh menambang fasilitas infrastruktur dan rumah-rumah pribadi, melarang pergerakan penduduk setempat,” kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina dalam pengarahan paginya.

Angkatan Bersenjata Ukraina juga mengklaim bahwa otoritas pro-Rusia di wilayah pendudukan Ukraina berusaha untuk mengkompensasi hilangnya personel di medan perang dengan memasukkan wajib militer Ukraina ke dalam militer Rusia, Rabu (5/10/2022).

"Menurut informasi yang tersedia, orang-orang dari Luhansk, tanpa melakukan komisi medis dan pelatihan, setelah mobilisasi segera dikirim untuk mengisi kembali unit yang menderita kerugian terbesar," kata Staf Umum sebagaimana dikutip CNN.

Para pejabat Ukraina telah memperingatkan untuk beberapa waktu bahwa Rusia berencana menggunakan pencaplokan yang diklaimnya sebagai dalih untuk merancang Ukraina di daerah-daerah pendudukan.

Baca juga: Berbeda dengan Zelensky, Rusia Sambut Baik Gagasan Damai Elon Musk Terkait Perang di Ukraina

Pada Senin (3/10/2022), militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia melakukan pemeriksaan door to door di daerah-daerah pendudukan Ukraina.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencari pemuda usia wajib militer, kata militer Ukraina pada Senin (3/10/2022).

"Di wilayah yang diduduki sementara, langkah-langkah mobilisasi berlanjut, di mana pasukan pendudukan melakukan dari pintu ke pintu dan membuat daftar pria usia wajib militer," kata Komando Operasi Ukraina Selatan dalam sebuah pernyataan.

Pasukan Rusia juga telah meningkatkan pemeriksaan dokumen di pos pemeriksaan, membuatnya "sesulit mungkin," untuk meninggalkan daerah yang diduduki, tambah pernyataan itu.

Ukraina Temukan Ruang Penyiksaan

Polisi Ukraina mengklaim telah menemukan "ruang penyiksaan" di kota Pisky-Radkivski yang sebelumnya diduduki Rusia di wilayah timur laut Kharkiv, Selasa (4/10/2022).

Di antara barang-barang yang ditemukan, menurut polisi, adalah sebuah wadah penuh dengan gigi emas yang dicabut.

"Setelah pembebasan desa Pisky-Radkivski, penduduk setempat melaporkan kepada polisi bahwa di ruang bawah tanah salah satu rumah para tawanan disimpan," kata Serhiy Bolvinov, kepala departemen investigasi Kepolisian Nasional di wilayah Kharkiv.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved