Konflik Rusia Vs Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-266: Rudal Rusia Jatuh di Polandia, 2 Orang Tewas

Sebuah "rudal buatan Rusia" jatuh di desa Polandia Przewodów , dekat perbatasan Ukraina, menewaskan dua orang pada Selasa sore (15/11/2022).

Editor: Daryono
FIRDIA LISNAWATI / POOL / AFP
(Kiri ke kanan) Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Jepang Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel menghadiri pertemuan darurat untuk membahas serangan rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, di Indonesia pulau resor Bali pada 16 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia dan Ukraina yang memasuki hari ke-266 pada Rabu (16/11/2022), dikutip dari The Guardian.

Rudal buatan Rusia jatuh di Polandia, tewaskan 2 orang

Sebuah "rudal buatan Rusia" jatuh di desa Polandia Przewodów , dekat perbatasan Ukraina, menewaskan dua orang pada Selasa sore (15/11/2022), kata kementerian luar negeri Polandia dalam sebuah pernyataan.

Insiden itu adalah pertama kalinya wilayah negara NATO diserang selama hampir sembilan bulan perang Ukraina.

Reaksi Presiden Polandia atas serangan rudal Rusia

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa ledakan itu adalah "insiden satu kali" dan "tidak ada indikasi" bahwa hal itu akan terjadi lagi.

Baca juga: Polandia Siaga Satu Pasca Rudal Rusia Menghantam Perbatasan dengan Ukraina

Duda mengatakan itu "kemungkinan besar" roket buatan Rusia tetapi "kami tidak memiliki bukti konklusif saat ini mengenai siapa yang meluncurkan rudal ini ... ini semua masih dalam penyelidikan saat ini."

Tuntut penjelasan, Polandia panggil dubes Moskow

Pemerintah Polandia mengatakan telah memanggil duta besar Moskow untuk Polandia untuk memberikan penjelasan

"Menteri luar negeri, Zbigniew Rau memanggil duta besar federasi Rusia untuk kementerian luar negeri dan menuntut penjelasan rinci segera," menurut sebuah pernyataan yang dirilis di situs web pemerintah Polandia.

Menteri NATO bersiap berkumpul atas permintaan Polandia

Para menteri NATO sedang bersiap untuk berkumpul pada hari Rabu atas permintaan pemerintah Polandia.

Baca juga: 14 Negara Tak Setuju dengan Resolusi PBB soal Rusia Harus Ganti Rugi ke Ukraina, Indonesia Abstain

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan pertemuan darurat Kelompok G7 dan para pemimpin NATO di Bali, Indonesia Rabu pagi, (16/11/2022) untuk konsultasi setelah Polandia yang anggota NATO mengatakan ada rudal yang menghantam negaranya dekat perbatasan Ukraina Selasa malam, (15/11/2022) yang menewaskan dua orang.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan pertemuan darurat Kelompok G7 dan para pemimpin NATO di Bali, Indonesia Rabu pagi, (16/11/2022) untuk konsultasi setelah Polandia yang anggota NATO mengatakan ada rudal yang menghantam negaranya dekat perbatasan Ukraina Selasa malam, (15/11/2022) yang menewaskan dua orang. (HO/KompasTV)

Pertemuan tersebut diatur untuk diadakan di bawah pasal 4 perjanjian NATO, yang memungkinkan semua sekutu NATO untuk berkumpul ketika “integritas teritorial, kemerdekaan politik atau keamanan” dari setiap anggota telah terancam.

Permintaan Pasal 5

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved