Konflik Rusia Vs Ukraina

Video Tahanan Perang Rusia Dieksekusi Mati Tentara Ukraina Beredar, Kremlin Meradang

Pernyataan itu muncul setelah video muncul secara online yang konon menunjukkan prajurit Rusia yang dieksekusi setelah mereka menyerah.

Editor: Hendra Gunawan
@Telegram
Foto tentara Rusia yang tahanan perang dieksekusi oleh tentara Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM -- Kremlin mempermasalahkan sebuah insiden pembunuhan tentara Rusia yang telah ditahan oleh Ukraina.

Moskow menyebut kejadian tersebut sebagai "Pembunuhan biadab terhadap tawanan perang Rusia".

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut insiden tersebut hanyalah yang terbaru dari serangkaian kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Ukraina.

Pernyataan itu muncul setelah video muncul secara online yang konon menunjukkan prajurit Rusia yang dieksekusi setelah mereka menyerah.

Baca juga: Uni Eropa telah Bekukan Aset Rusia Senilai 70 Miliar Dolar AS

“Ini adalah praktik luas Angkatan Bersenjata Ukraina yang secara aktif didukung oleh rezim Kiev dan langsung diabaikan oleh para pendukung Baratnya,” ujar kementerian tersebut dikutip dari Russia Today (RT) Minggu (20/11/2022).

Rusia juga mengecam tindakan tentara Ukraina sebagai "pembunuhan yang disengaja dan metodis.

"Tidak seorang pun akan dapat menggambarkannya sebagai 'pengecualian tragis' di tengah dugaan kepatuhan total rezim Kiev terhadap norma-norma yang mengatur hak tawanan perang," bunyi pernyataan itu.

Rekaman itu diduga menunjukkan sekelompok tentara berseragam Rusia menyerah kepada pasukan berseragam dengan lambang Ukraina. Itu juga menggambarkan prajurit yang ditangkap tergeletak di tanah, mungkin sudah mati.

Video tersebut menunjukkan "sifat biadab" rezim Presiden Vladimir Zelensky, serta para pendukungnya, tegas Kementerian Pertahanan Rusia.

Ini bukan insiden profil tinggi pertama yang diduga melibatkan pasukan Rusia dan Ukraina yang menarik perhatian media.

Pada bulan Maret, video lain muncul di media sosial yang konon menunjukkan pasukan Ukraina menembaki kaki tentara Rusia yang tergeletak di tanah dari jarak dekat.

Belakangan di bulan yang sama, rekaman diduga menunjukkan pembunuhan seorang tentara Rusia yang terluka tergeletak di jalan di suatu tempat di Ukraina. Mayat tentara lain yang mengenakan seragam Rusia dan tergeletak di genangan darah juga terlihat dalam video tersebut. Beberapa dari mereka memiliki tangan yang diikat ke belakang dan tidak ada senjata yang terlihat pada salah satu dari mereka.

Baca juga: Rusia Sebut Tuduhan Rudal di Polandia Berpotensi Picu Perang Dunia Ketiga

Kementerian Pertahanan Rusia telah menuduh pasukan Ukraina melakukan kejahatan perang setelah sebuah video muncul di media sosial, pada hari Jumat, yang tampaknya menunjukkan prajurit Rusia yang ditangkap hidup-hidup dan kemudian mati.

Rekaman itu menggambarkan tentara yang mengenakan seragam Rusia pertama-tama menyerah kepada pasukan berseragam berlambang Ukraina sebelum ditampilkan tergeletak di tanah, mungkin tewas.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved