Viral Video Domba Berputar-putar Selama 12 Hari di China, Ini kata Ilmuwan

Fenomena aneh 'ratusan domba terlihat berjalan berputar-putar selama 12 hari' di sebuah peternakan di China. Ini kata ilmuwan.

Gambar oleh Mabel Amber dari Pixabay
Ilustrasi domba. Fenomena aneh 'ratusan domba terlihat berjalan berputar-putar selama 12 hari' di sebuah peternakan di China. Ini kata ilmuwan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, GLOUCESTERSHIRE - Seorang ilmuwan telah memberikan penjelasan yang agak menyedihkan terkait fenomena aneh di mana 'ratusan domba terlihat berjalan berputar-putar selama 12 hari' di sebuah peternakan di China.

Matt Bell, seorang Profesor dan Direktur di Departemen Pertanian Universitas Hartpury di Inggris mengatakan bahwa hewan yang ditampilkan dalam video viral tersebut 'mungkin menderita stres terkait klaustrofobia'.

"Sepertinya domba berada di dalam kandang untuk waktu yang lama, dan ini mungkin mengarah pada perilaku stereotip, dengan pengulangan berputar-putar karena frustrasi berada di dalam kandang dan terbatas ke mana mereka harus pergi, ini tidak baik.

Baca juga: Babak Baru Kasus Konten Pria Nikahi Domba, 4 Orang Jadi Tersangka, Dijerat Pasal Penistaan Agama

Menjadi hewan kawanan, domba lain bergabung dengan 'teman' mereka," kata Bell.

Namun, beberapa teori lain menyatakan bahwa hewan tersebut mungkin menderita penyakit bakteri yang disebut listeriosis.

Dikutip dari laman Russia Today, Kamis (24/11/2022), penyakit ini dapat menyebabkan disorientasi dan perilaku yang membingungkan.

Kendati demikian, fakta bahwa penyakit tersebut biasanya membunuh hewan dalam beberapa hari menunjukkan hipotesis ini 'tidak mungkin'.

Baca juga: Laboratorium BBVeteriner Wates Pastikan Bangkai Domba di Sungai Serang, Semarang, Negatif PMK

Video tersebut awalnya diposting di Twitter oleh People's Daily.

Menurut media China yang dikelola pemerintah, yang menjuluki fenomena itu sebagai 'misteri domba besar', rekaman tersebut direkam di provinsi Mongolia Dalam.

"Domba-domba itu sehat dan alasan perilaku aneh itu masih menjadi misteri," kata People's Daily dalam postingannya pada awal bulan ini.

Ilustrasi domba.
Ilustrasi domba. (Pixabay.com)

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal minggu lalu, pemilik peternakan yang diidentifikasi sebagai Ms Miao, mengatakan gerakan memutar dimulai dengan hanya dilakukan oleh beberapa domba, sebelum yang lain dari kandang yang sama kemudian bergabung.

"Kawanan domba dari 33 kandang telah bertindak dengan cara yang normal," kata Ms Miao.

Tahun lalu, kawanan domba di East Sussex, Inggris juga memicu kegemparan serupa setelah difoto berdiri dalam lingkaran konsentris.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved