Roadmap Keanggotaan Penuh Timor Leste Tengah Digodok Sekretariat ASEAN

Menlu Adaljiza Albertina dari Timor Leste sampaikan penghargaan diterimanya secara prinsip Timor Leste sebagai anggota ASEAN

Kanal Youtube FMB9ID_IKP
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Roadmap keanggotaan penuh Timor Leste akan segera disiapkan bersama Sekretariat ASEAN

Hal ini terungkap saat Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral Menlu Timor Leste Adaljiza Albertina, di Bali, pada 6 Desember 2022.

Menlu Adaljiza Albertina dari Timor Leste sampaikan penghargaan diterimanya secara prinsip Timor Leste sebagai anggota ASEAN

Selain membahas keanggotaan Timor Leste di ASEAN, keduanya sekilas juga membahas mengenai status negosiasi perbatasan darat. 

Menlu Retno sampaikan bahwa kondisi kondusif penting untuk terus dipelihara agar negosiasi mengalami kemajuan yang signifikan. 

Baca juga: Buka Forum Negara-negara Kepulauan, Menlu Retno Marsudi Tekankan Soal Ekonomi Laut Berkelanjutan

Selain bertemu Menlu Timor Leste, Retno Marsudi juga melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan negara-negara dana organisasi internasional di Pasifik lainnya.

Diantaranya Papua Nugini, Vanuatu, dan Direktur Jenderal Melanesian Spearhead Group (MSG), menjelang pelaksanaan Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) di Bali.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan ras Melanesia terbesar di Pasifik. Sedikitnya 11 juta orang warga negara Indonesia adalah dari ras Melanesia", ujar Menlu RI dalam keterangannya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved