Kisah Penemuan Planet Bumi Lain Proxima b

Para astronom telah berburu secara intensif untuk planet sekitar Proxima Centauri selama lebih 15 tahun

Kisah Penemuan Planet Bumi Lain Proxima b
net

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para astronom telah menemukan "bumi kedua" di sekitar Proxima Centauri, yang terletak hanya 4,2 cahaya dari sistem tata surya kita sendiri.

"Bumi lain" itu bahkan lebih menarik, anggota tim kajian mengatakan, bahwa planet ini, dikenal sebagai Proxima b, mengorbit di bintang "zona layak huni".

"Kami berharap Temuan ini menginspirasi generasi mendatang untuk mencari dan menemukannya di masa mendatang," ujar Guillem Anglada-Escude, fisikawan dan astronom di Queen Mary University of London, dalam sebuah pernyataan.

Para astronom telah berburu secara intensif untuk planet sekitar Proxima Centauri.

Mereka sudah lebih 15 tahun, menggunakan instrumen seperti Ultraviolet dan Visual Echelle Spectrograph (UVES) dan the High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS), yang dipasang pada teleskop yang dijalankan oleh European Southern Observatory di Chili.

UVES, HARPS dan instrumen lainnya memungkinkan para peneliti untuk mendeteksi getaran dalam gerakan bintang yang disebabkan oleh tarikan gravitasi saat planet mengorbit.

Para astronom menemukan petunjuk kembali pada tahun 2013. Tapi saat itu sinyalnya tidak meyakinkan, kata Anglada-Escude.

Jadi dia dan sejumlah peneliti lain meluncurkan kampanye untuk mengorek planet. Mereka menyebutnya sebagai upaya titik merah pucat ― karena ungkapan terkenal Deskripsi bumi sebagai "titik biru pucat".

Faktanya, bahwa Proxima Centauri kecil, meredupkan bintang yang dikenal sebagai red dwarf.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Eko Sutriyanto

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.