Bye Bye Kolesterol

Dari Rendang Sampai Opor Ayam Picu Kolesterol Tinggi, Harus Segera Atasi!

Lebaran identik dengan makanan berkuah santan dan membuat leher terasa seperti ditusuk-tusuk. Tahukah Anda itu merupakan gejala kolesterol tinggi?

Dari Rendang Sampai Opor Ayam Picu Kolesterol Tinggi, Harus Segera Atasi!
Shutterstock
Makanan berkuah santan bisa memicu kolesterol tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM - Lebaran identik dengan makanan berkuah santan, seperti rendang, opor, gulai ayam, dan sayur lodeh. Belum lagi banyak kue kering di meja makan yang siap membuat lidah bergoyang.

Memang masakan jadi terasa gurih, tapi santan mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Ketika Anda kalap menyantap sajian lebaran, leher pun mulai terasa ditusuk-tusuk dan dada menjadi nyeri. Tahukah Anda ciri-ciri di atas merupakan gejala kolesterol tinggi?

Kalau gejala kolesterol tinggi sudah menyerang Anda harus segera mengatasinya. Selain kumpul keluarga jadi terganggu, jika dibiarkan berlarut-larut jumlah kolesterol yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Berikut 3 cara menurunkan kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui!

Olahraga 30 menit per hari

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan kolesterol adalah mengubah gaya hidup. Mulailah aktif bergerak dengan olahraga, setidaknya pakailah 30 menit waktu Anda tiap harinya. Obat penurun kolesterol tanpa pengaturan pola makan dan olahraga akan berakhir sia-sia.

Bagaimana olahraga bisa membuat tingkat kolesterol turun? Ketika berolahraga, penelitian menunjukkan kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat 3-6% dan juga menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 10%.

Anda bisa mencoba jogging atau aerobik sehabis pulang kerja. Keduanya bisa membuat jantung memompa lebih cepat dan kuat sehingga membakar kalori lebih banyak. Jika tidak suka keduanya, gerakan halus seperti Yoga jika dilakukan secara rutin dapat menurunkan LDL sampai 15%.

Menjaga pola makan

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved