Nutrisi Sehat dan Praktis

Ini Pilihan Sumber Serat Pangan yang Baik Untuk Dikonsumsi

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi makanan kaya serat penting untuk kelangsungan sistem pencernaan.

BizzInsight
Ini Pilihan Sumber Serat Pangan yang Baik Untuk Dikonsumsi
Shutterstock
Makanan kaya serat sangat baik untuk tubuh. 

TRIBUNNEWS.COM – Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi makanan kaya serat penting untuk kelangsungan sistem pencernaan

Pasalnya, setelah dikonsumsi, serat mampu menyerap air serta meningkatkan tekstur dan volume feses, sehingga proses BAB (buang air besar) menjadi lancar.

Tidak hanya itu, serat juga memiliki banyak manfaat lain, misalnya menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, kanker usus, dan diabetes tipe 2, serta menurunkan risiko obesitas dan membantu untuk mencapai berat badan normal.

Lalu, berapa banyak asupan serat yang dibutuhkan tubuh?

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia setidaknya membutuhkan 22-38 gram serat per harinya. Tapi, jumlah tersebut juga dapat berbeda antar individu tergantung dari usia dan jenis kelamin. 

Asupan serat yang terpenuhi dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, sehingga tubuh terasa lebih fit.

Sayangnya, rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia hanyalah sekitar 10,5 gram/orang per hari. Angka tersebut jelas menunjukkan bahwa kecukupan serat orang Indonesia baru mencapai setengah dari kecukupan serat makan yang  dianjurkan.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan jumlah asupan serat harian agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dan mendukung aktivitas harian. 

Biar nggak bingung, berikut beberapa pilihan sumber makanan kaya serat yang bisa kamu konsumsi.

Kacang Almond

Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang terkenal dengan ragam manfaatnya. Salah satunya adalah kandungan serat yang tinggi. Dengan konsumsi 23 butir kacang almond, kamu sudah mengkonsumsi asupan serat sebanyak 3,5 gram.

Selain itu, kacang almond juga memiliki antioksidan yang dapat menekan peradangan sendi.

Roti Gandum

Roti gandum dikenal sebagai salah satu makanan kaya serat.  Dalam satu lembar roti gandum utuh terdapat kandungan 1,9 gram serat. Nutrisi lainnya yang dimiliki roti gandum ialah protein, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah berry 1
Buah beri juga memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk tubuh.

Buah Beri

Buah yang menjadi keluarga beri ini memiliki warna yang cantik dan bentuk beragam. Rasanya yang menyegarkan ternyata sebanding dengan nutrisi yang dimiliki. 

Salah satu nutrisi yang ada dalam buah beri yaitu serat pangan. Dalam sajian per 100 gramnya, buah blueberry memiliki 2,4 gram serat, stroberi memiliki 2 gram serat, blackberry punya  5 gram serat, dan buah raspberry mengandung 7 gram serat.

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Protein, vitamin, mineral, serta karotenoid dan phytonutrienty yang terkandung dalam buah alpukat, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan

Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang banyak. Dalam satu buah alpukat utuh terdapat 10 gram kandungan serat.

Apel

Dalam satu buah apel terdapat sekitar 4.4 gram serat. Tak hanya itu, apel juga merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Kemudian apel juga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Bayam

Sayuran yang satu ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Selain itu, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang kaya serat yaitu 2,4 gram per 100 gram sajian bayam.

Brokoli

Tanaman yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral. selain itu, brokoli juga memiliki kandungan 2,6 gram serat per 100 gram sajiannya.

Meski begitu beragam, di era mobilitas yang tinggi ini kita semakin sulit mengonsumsi asupan serat.

Nutrive FiberShot 1

Agar lebih praktis, cobalah konsumsi Nutrive FiberShot karena kandungan seratnya yang tinggi, yaitu sekitar 5 gram per 100ml dan diformulasikan dari 16 sari buah dan sayur.

Nutrive FiberShot menjadi cara enak penuhi serat karena praktis dan rendah kalori sehingga dapat membantu memelihara saluran pencernaan. Nah, untuk penuhi kebutuhan serat harian kamu, jangan lupa konsumsi 2 botol Nutrive FiberShot per hari, ya! 

Yuk, pastikan kebutuhan serat harianmu tercukupi!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved