Nutrisi Sehat dan Praktis

Pola Makan Sehat? Jangan Lupakan Serat, Ya!

Pola makan menjadi salah satu kunci untuk menjalani hidup yang sehat. Jika diterapkan, tentu tubuh akan menjadi fit dan jauh dari berbagai penyakit.

BizzInsight
Pola Makan Sehat? Jangan Lupakan Serat, Ya!
Shutterstock
Serat juga menjadi salah satu nutrisi peting yang juga diperlukan oleh tubuh. 

TRIBUNNEWS.COM – Pola makan menjadi salah satu kunci untuk menjalani hidup yang sehat. Jika diterapkan, tentu tubuh akan menjadi fit, bugar, serta jauh dari berbagai penyakit.

Selain itu, kecukupan nutrisi harian juga dapat terpenuhi dengan baik, mulai dari kecukupan asupan karbohidrat, vitamin, mineral, dan termasuk juga kecukupan akan serat.

Berbicara tentang serat, menurut Indonesia Journal of Human Nutritition, 2017, menyatakan rata-rata penduduk Indonesia mengkonsumsi serat harian sekitar 7gr/ hari, padahal anjuran konsumsi serat harian untuk dewasa per hari adalah 27- 30 gram.

Hal ini cukup memprihatinkan karena menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia masih kekurangan asupan serat. Padahal, serat memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan program “Isi Piringku” dari Kemenkes. Rasio tersebut menggunakan ukuran satu piring yang dibagi menjadi empat bagian untuk porsi satu kali makan. Yaitu setengah piring terdiri dari ⅔ porsi makanan pokok dan ⅓ porsi protein rendah lemak, serta setengah piring lagi yang terdiri dari ⅔ porsi sayuran dan ⅓porsi buah.

dr. Adeline Devita, Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals, menyatakan bahwa serat akan berpengaruh pada pemakaian glukosa, sekresi insulin, dan pemakaian glukosa oleh sel hati. Serat makanan juga berpengaruh pada peningkatan kolesterol dan asam empedu sehingga berpengaruh pada sirkulasi enterohepatik kolesterol.

Maka dari itu, agar asupan serat dan nutrisi penting lainnya dapat tercukupi dengan baik, kamu bisa mulai menerapkan pola makan yang sehat. Seperti banyak minum air putih, membiasakan sarapan, serta rajin mengonsumsi sayur dan buah.

Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber serat yang baik dan memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

dr. Adeline Devita menyarankan untuk mulai dengan cara menambah porsi buah dan sayur  ke dalam piring makan kita untuk mencukupi kebutuhan serat harian agar saluran pencernaan kita dapat bekerja lebih optimal.

Beberapa jenis buah dan sayuran kaya serat yang bisa kamu konsumsi di antaranya  apel, jeruk, pir, nanas, timun, ubi, tomat, brokoli, dan lain-lain.

Banyak minum air putih

Selain asupan makanan, kamu juga perlu memperhatikan kecukupan kebutuhan cairan pada tubuh. Maka dari itu, kamu perlu banyak mengonsumsi air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Itulah mengapa banyak mengonsumsi air putih menjadi salah satu poin penting dalam menerapkan pola makan yang sehat.

Oh iya, selain dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, mengonsumsi air putih juga dapat menjaga kesegaran kulit dan melindungi saraf dan jaringan tubuh kamu, lho!

Jangan lewatkan sarapan

sarapan yuk 0312
Sarapan adalah pola makan sehat yang kerap dilewatkan seseorang.

Sebagian orang kerap melewatkan makan pagi atau sarapan. Padahal, tubuh memerlukan sarapan untuk dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengutip dari bbc.com, sarapan juga bermanfaat dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk konsentrasi dan Bahasa. Sebuah penelitian dari 54 studi pun menyatakan bahwa sarapan dapat meningkatkan daya ingat.

Nah, biasakan untuk sarapan pagi terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Beragam menu sarapan sehat bisa menjadi pilihan untukmu, salah satunya oatmeal. Selain kaya akan zat besi, magnesium, serta vitamin B kompleks, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Karena serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, dr. Adeline Devita menyarankan agar memperbanyak mengkonsumsi serat yang juga akan membantu tubuh dalam menyerap kolestrol jahat dan menyerap racun yang terdapat dalam makanan.

Nutrive Fibershot, nutrisi untuk sehatkan pencernaan.
Nutrive Fibershot. (Nutrive Fibershot)

Untuk bantu penuhi kebutuhan serat harianmu, ada cara enak penuhi serat yaitu dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot.

Minuman tinggi serat (5gram/botol) yang praktis diformulasikan, mengandung 16 sari buah dan sayur untuk membantu memelihara saluran pencernaanmu.

Yuk, pastikan kebutuhan serat harianmu terpenuhi dengan pola makan yang sehat dan jangan lupa untuk konsumsi 2 botol Nutrive FiberShot setiap harinya ya! 

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved