Breaking News:

Generasi Platinum

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak, Pilih Susu Pertumbuhan yang Mengandung Probiotik

Probiotik atau bakteri baik berfungsi memperkuat sistem imunitas tubuh agar buah hati tidak rentan terserang penyakit.

BizzInsight
Shutterstock
Susu pertumbuhan yang dilengkapi dengan probiotik dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh anak. 

TRIBUNNEWS.COM - Ayah dan Bunda, sudahkah memberi susu pertumbuhan yang mengandung probiotik untuk Si Kecil? Susu dengan tambahan probiotik, bisa berguna untuk daya tahan tubuh Si Kecil lho! Kok bisa ya?

Probiotik atau bakteri baik berfungsi memperkuat sistem imunitas tubuh agar buah hati tidak rentan terserang penyakit. Salah satu bakteri baik yang memiliki peran penting adalah probiotik jenis bifidobakterium.

Menurut dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, probiotik bifidobakterium adalah bakteri yang sangat dominan dan paling banyak manfaatnya pada anak-anak. Bifidobakterium secara alami jumlahnya sangat banyak di usus bayi dan anak.

“Saat ini penggunaan probiotik bifidobakterium terutama pada anak tidak sebatas hanya untuk pengobatan atau gangguan saluran cerna seperti diare dan sembelit. Tapi dianjurkan juga untuk untuk penggunaan sehari-hari agar fungsi penyerapan nutrisi lebih optimal,” kata dr. Muliaman Mansyur saat diwawancarai Tribunnews, Selasa (22/9/2020).

Tak kalah penting, dr. Muliaman menuturkan peran bifidobakterium yang dapat mengoptimalkan daya tahan tubuh anak, terutama mencegah infeksi dan gangguan saluran cerna seperti diare, kolik, dan konstipasi, pencegahan dan pengurangan gejala alergi, serta pencegahan beberapa penyakit lain, termasuk infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) karena bakteri dan virus.

Melindungi saluran cerna anak

Ada sekitar 100 miliar jenis mikrobiota yang menghuni usus dan berfungsi mengatur proses metabolisme Si Kecil, membantu penyerapan nutrisi di usus, dan mencegah berkembangnya bakteri jahat di dalam usus.

Sering kali ketidakseimbangan flora usus inilah yang menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi,  terjadinya gangguan saluran cerna, seperti diare, muntaber, disentri, malabsorbsi, sembelit, hingga kolik

Untuk mengatasi ketidakseimbangan flora usus ini, anak butuh probiotik terutama jenis bifidobakterium yang ditambahkan dari luar agar usus tetap sehat. “Jika saluran pencernaan baik, tentu daya tahan tubuh juga menjadi baik,” tutur dr. Muliaman.

Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA adalah infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Situs Healthline menyebutkan ISPA sangat rentan menulari anak-anak, lansia, dan orang yang memiliki gangguan imun.

Probiotik bifidobakterium juga mampu menjaga tubuh dari alergi dan infeksi bakteri dan virus. Sebuah penelitian terbaru di Malaysia dari Lau AS tahun 2017 membuktikan hal ini dengan memberikan probiotik bifidobakterium longum BB536 kepada hampir 530 anak usia 2-6 tahun.

Hasilnya, separuh dari anak tersebut terhindar dari ISPA, gejala batuk pilek, demam, serta mengalami penyembuhan infeksi lebih cepat dibanding anak yang tidak mendapat bifidobakterium.

probiotik adalah bakteri baik
Mencegah alergi dan berbagai penyakit dengan probiotik yang terkandung dalam susu pertumbuhan.

Mencegah alergi

Pemberian probiotik, terutama yang terdapat dalam susu pertumbuhan, juga dapat membantu untuk mengurangi gejala alergi dan mencegah keluhan alergi pada Si Kecil.

Penelitian mengungkapkan bahwa probiotik, khususnya bifidobakterium, dapat mencegah dan mengurangi gejala alergi, seperti rhinitis alergi, asma, dan dermatitis atopik. World Allergy Organization (WAO) juga merekomendasikan probiotik untuk mengurangi tingkat keparahan kasus-kasus alergi.

“Probiotik berperan dengan meregulasi dan menyeimbangkan sistem imunitas tubuh agar tidak terlalu bereaksi berlebihan terhadap alergen (sesuatu yang penyebab alergi) seperti susu sapi, telur, dan seafood,” kata dr. Muliaman.

Tiga jenis bifidobakterium

dr. Muliaman memaparkan Triple Bifidus adalah tiga jenis  probiotik bifidobakterium yang memiliki masing masing fungsinya.

“Setiap prebiotik mempunyai manfaat tersendiri dan berbeda beda fungsinya, dan ini tergantung dari penelitian dari manfaat prebiotik tersebut seperti Probiotik Bifidobacterium breve M-16V yang bermanfaat mencegah risiko alergi, diare dan konstipasi; Bifidobacterium longum BB535  yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh dan mencegah infeksi saluran pernafasan (ISPA); dan Bifidobacterium infantis M-63 yang bermanfaat memperbaiki mikroflora usus sehingga membantu penyerapan nutrisi anak,” terang dr, Muliaman.

Sumber dari probiotik bifidobakterium utama pada bayi dan anak adalah air susu ibu (ASI). Namun, seiring berkembangnya teknologi, ketiga jenis bifidobakterium di atas sudah ditambahkan ke dalam produk susu pertumbuhan

Adapun susu pertumbuhan yang mengandung ketiga probiotik bifidobakterium di atas adalah Morinaga Platinum MoriCare Zigma.

o
(dok. KALBE Nutritionals)

Morinaga Platinum MoriCare Zigma mengandung tiga jenis probiotik (bifidobacterium breve M-16V, bifidobacterium longum BB536 dan bifidobacterium infantis M-63), atau yang dikenal dengan istilah Triple Bifidus.

Selain itu, Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus juga dilengkapi dengan prebiotik GOS yang dapat meningkatkan jumlah probiotik bifidobakterium dalam usus, sehingga kesehatan Si Kecil selalu terlindungi.

Untuk melengkapi nutrisi harian, Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus juga dilengkapi dengan vitamin C, zinc, dan vitamin A yang lebih banyak dan berfungsi memperkuat imunitas buah hati Anda serta kandungan AA, DHA, omega 3 dan 6, fospolipid dan zat besi untuk perkembangan otak Si Kecil.

Jangan biarkan penyakit menyerang kebahagiaan Si Kecil di masa bermain dan belajar yang aktif. Sebab Waktu Tak Bisa Kembali, mari jaga nutrisi harian Si Kecil yang seimbang dan berikan ia susu sebagai pelengkap nutrisi agar ia tumbuh sehat dan cerdas!

Penulis: Bardjan/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved