Seperti Apa Sih Camilan Sehat Itu?

Snack atau makanan ringan sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Kebiasaan mengonsumsi snack juga disarankan beberapa

Seperti Apa Sih Camilan Sehat Itu?
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Snack atau makanan ringan sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Kebiasaan mengonsumsi snack juga disarankan beberapa ahli gizi untuk menunda rasa lapar diantara jam makan.

Namun ternyata tidak semua jenis snack itu sehat untuk dikonsumsi. Mau tahu seperti apa snack yang sehat?

Snack juga tidak lepas dari predikat salah satu penyebab kegemukan. Banyak orang menghindari snack karena takut tubuhnya melar dan jauh dari ideal. Ditambah adanya anggapan orang gemuk itu karena terlalu banyak camilan.

Ahli Teknologi Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Made Astawan menyebutkan, snack atau camilan memang sebagian besar mengandung padat kalori dan tidak memiliki nilai gizi.

Inilah yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk ketika mengonsumsi banyak camilan. Apalagi asupan kalori yang besar ini tidak diimbangi oleh aktivitas fisik yang sesuai.

"Snack baik dikonsumsi diantara jam makan untuk menghindari kekosongan pada lambung. Banyak orang mengeluh menderita asam lambung tinggi atau maag tentu karena membiarkan perut kosong selama beberapa jam," ungkapnya.

Camilan juga membantu mengurangi porsi makan yang besar karena perut tidak terlalu lapar. Tapi yang perlu diingat jangan makan snack mendekati jam makan.

Prof. Made menuturkan carilah snack yang mengandung protein, vitamin, mineral, serat dan komponen bioaktif sebagai stimulan kesehatan.

Saat ini beberapa produsen snack juga sudah menyediakan produk yang diformulasikan untuk tujuan kesehatan konsumennya. Biasanya ada pada snack yang berasal dari sayur-sayuran atau kacang-kacangan.

Namun sebagai konsumen juga tidak boleh langsung percaya pada produsen yang menawarkan produk camilan sehat, rendah lemak, tinggi gizi dan sebagainya. Tetap perhatikan label kandungan nutrisi di setiap kemasannya sebelum membeli.

Dengan begitu Anda akan tetap sehat dan kenyang tanpa takut dihantui kegemukan.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Sehat News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved