Agar Lebih Sehat Konsumsi Buah Beragam

Mengkonsumsi buah secara rutin dalam jumlah yang cukup, kandungan buah seperti vitamin, phytochematic, serat dan mineral untuk tubuh.

Agar Lebih Sehat Konsumsi Buah Beragam
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pedagang menjual buah lokal di Pasar Klender Jakarta Timur, Jumat (12/4/2013). Kebijakan pemerintah membatasi buah impor ternyata mampu mendongkrak harga buah lokal. Tingginya harga buah lokal akibat tingginya permintaan dari konsumen. Kebijakan tersebut dengan sendirinya mendorong masyarakat mengonsumsi produk buah lokal yang masih amat terbuka luas untuk dikembangkan. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Wartawan Warta Kota, Feryanto Hadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meskipun masyarakat menyadari buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi buah di Indonesia masih sangat rendah, yaitu sekitar 40kg/kapita/tahun.

Angka ini masih jauh di bawah rekomendasi Food and Agriculture Organization (FAO) yaitu minimal 65,75 kg/kapita/tahun.

"Buah sesungguhnya memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi pola makan yang seimbang sesuai PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang)," kata dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK  di Phoenix Cafe, Jalan Wijaya No 25, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2013).

Padahal, menurut dr. Samuel, dengan mengkonsumsi buah secara rutin dalam jumlah yang cukup, kandungan buah seperti vitamin, phytochematic, serat dan mineral dapat memenuhi kebutuhan nutrisi manusia setiap hari.

"Juga bisa mengurangi rIsiko banyak penyakit," imbuhnya.

Namun diingatkan, agar mencapai hasil yang efektif, setiap hari kita perlu mengkonsumsi buah yang beragam. "Karena sesungguhnya tidak ada buah yang mempunyai manfaat lengkap," ungkapnya.

Tags
buah
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved