Orang Bicara Cadel Dikiranya karena Lidah Terlalu Pendek, Padahal Ini Penyebab Sesungguhnya

Kebanyakan orang berpikir kalau lidah terlalu pendek jadi penyebab seseorang bicaranya cedal. Padahal ini penyebab sesungguhnya.

Orang Bicara Cadel Dikiranya karena Lidah Terlalu Pendek, Padahal Ini Penyebab Sesungguhnya

TRIBUNNEWS.COM - Mungkin Anda atau disekitar Anda ada yang tidak bisa mengucapkan huruf 'R' dan mengganti dengan 'L' atau huruf 'K' menjadi 'D'. Bisa jadi ia mengalami hal yang disebut cadel.

Cadel ini merupakan ketidakmampuan lidah salah satu yang berperan penting pada saat kita berbicara melafalkan huruf dan kata. Fungsi lidah sangat dipengaruhi oleh kekuatan lidah dan fungsi koordinasi.

Sebab saat kekuatan lidah dan fungsi koordinasi terganggu, maka pelafalan kata atau huruf juga ikut terganggu. Kebanyakan orang mengalami masalah pengucapan huruf ‘R’.

Seseorang yang berbicara cadel pun bisa saja karena pembawaan sejak lahir atau kultur sekitar. Namun juga bisa terjadi karena kerusakan otak yang mengakibatkan terganggunya saraf ke-12 yang memengaruhi lidah.

Kebayakan orang mengira cadel disebabkan lidah yang pendek, tetapi sebenarnya ini disebabkan karena adanya perbedaan pada bagian yang bernama frenulum linguae.

Frenulum linguae dapat dilihat ketika Anda menggerakkan lidah ke atas. Terdapat seperti jaringan yang menghubungkan antara dasar mulut dan lidah. Perbedaan panjang dan pendek frenulum linguae inilah yang menyebabkan lidah sulit bergetar, sehingga pada akhirnya menyebabkan kesulitan pelafalan salah satu jenis huruf.

Menurut dr. Meta Hanindita dari RS Dr Soetomo Surabaya, dikutip dari pemberitaan Detik Health (26/11) cadel merupakan ketidakmampuan seseorang mengucapkan atau membunyikan huruf tertentu. Meta menambahkan, bahwa cadel tidaklah berbahaya dan cadel tidak hanya pada huruf S atau R saja, tapi ada pula huruf T, P, atau L.

Biasanya cadel yang dialami pada anak sampai usia 5 tahun, namun ada pula anak yang masih saja cadel ketika usia persekolahan. Cukup sulitnya mendeteksi cadel anak pada usia 3-5 tahun akan berlanjut atau tidak.

Karena menyangkut sistem saraf otak yang mengatur fungsi bahasa, yakni area broca yang mengatur koordinasi alat-alat vokal dan area wernicke untuk pemahaman terhadap kata-kata.

Ada empat penyebab seseorang menjadi cadel.

Halaman
12
Editor: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved