Epilepsi Bukan Penyakit Menular dan Bisa Disembuhkan

Epilepsi merupakan penyakit neurologis atau terjadi gangguan pada otak. Terjadinya kejang-kejang terkadang dianggap bukan suatu penyakit

Epilepsi Bukan Penyakit Menular dan Bisa Disembuhkan
net
Ilustrasi epilepsi

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Epilepsi bukan penyakit menular dan bukan penyakit kutukan.

Bahkan  epilepsi dapat dikontrol dengan minum obat teratur serta rutin kontrol pengobatan yang baik sesuai kondisi pasien.

"Penyandang epilepso juga dapat hidup dan bekerja seperti orang kebanyakan, “ imbuh dr. Jeffry Oeswadi, MARS saat talk show  memperingati Hari Epilepsi Dunia (World Purple Day) di Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) 

Epilepsi merupakan penyakit neurologis atau terjadi gangguan pada otak dan serangan epilepsi seperti kejang terkadang dianggap bukan suatu penyakit.

"Kurangnya pengetahuan masyarakat, menyebabkan orang dengan epilepsi terlambat ditangani dan mendapat stigma atau pandangan negatif," katanya.

Baca: Punya Epilepsi, Rapper Terkenal Kejang-kejang di Udara

Sebagian masyarakat, kata dia  masih belum paham tentang apa itu epilepsi dan bagaimana seharusnya penanganannya bahkan pasien dan keluarga masih malu dan menutupi bila ada anggota keluarga dengan epilepsi.

Dr dr Vivien Puspitasari, Sp.S., ahli spesialis saraf dari SHLV Mengatakan, di seluruh dunia terdapat 4 - 10 penduduk penyandang epilepsi per 10.000 penduduk pertahun.

Sedangkan di Indonesia dari sekitar 250 juta penduduk, terdapat 1,5 juta jiwa hingga 2,4 juta jiwa penyandang epilepsi yang memerlukan pengobatan.

Proses penanganan pasien tidak cukup hanya menangani pasien saja, akan tetapi yang paling penting yaitu orang terdekat yang tinggal serumah dengan pasien, seperti orang tua, anak, keluarga terdekat.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved