Breaking News:

Bunda Bingung Memilih Makanan Pendamping ASI untuk si Kecil? Yuk Ikuti Panduan dari Ahli Gizi

Makanan Pendamping ASI (MPASI) memang pentingbagi balita untuk menyukupi kebutuhan gizi. Tapi, makanan seperti apa yang dibutuhkan balita?

Tribun Jateng/Tribun Jateng/Hermawan Handaka
MON AND KIDS - Makanan Pendamping Asi Untuk memberikan tambahan makanan pada anak atau makanan pengganti asi hendaknya umur bayi kurang lebih 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaannya seharusnya sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat selain asi dengan baik. Beberapa organisasi profesi memang membolehkan bayi usia 4-6. Hendaknya makanan yang dipilih harus lembut dan memenuhi nilai gizi seperti wortel, bayam dan ayam yang sudah di belender. Model : Rida Yuda Septiani (Ibu) dan Marmoko Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

TRIBUNNEWS.COM - Makanan Pendamping ASI (MPASI) memang pentingbagi balita untuk menyukupi kebutuhan gizi.

Tapi, makanan seperti apa yang dibutuhkan balita?

Ahli Gizi dan dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH saat ditemui Tribunjogja.com, Rabu (16/1/2019), membagikan beberapa tips bagi ibu-ibu muda saat memilih makanan pendamping ASI yang baik bagi anak.

1. Makanan apa yang baik untuk balita?

Lastdes mengatakan tidak ada ilmu pasti untuk menyatakan makanan tertentu baik untuk anak.

"Mungkin ada yang bilang kalau brokoli itu super atau kale itu super. Saya sebagai ahli gizi mengatakan tidak seperti itu," ungkapnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah gizi seimbang.

2. Memilih susu formula

Dijelaskan pula oleh Lastdes jika anak tidak suka minum susu, itu bukanlah sebuah masalah dan orangtua tak perlu memaksakan anaknya minum susu formula.

Lastdes mengatakan, "Setelah menyapih, ibu-ibu mungkin galau nanti anaknya mau diberi susu formula apa? Saya perlu luruskan, setelah menyapih, tidak harus diberi susu formula, karena tidak masalah meski tak minum susu formula. Pedomannya adalah gizi seimbang."

Co-founder sekaligus Ahli Gizi Omo Healthy Snack, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH
Co-founder sekaligus Ahli Gizi Omo Healthy Snack, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH (Tribunjogja.com/Fatimah Artayu Fitrazana)
Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved