Breaking News:

Sendawa Berlebih Saat Perut Kosong Bisa Bahayakan Lambung

Sendawa disaat perut kosong perlu diwaspadai karena bisa jadi itu adalah pertanda gangguan pada lambung atau yang disebut dengan sakit maag.

net
Ilustrasi sendawa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Sendawa disaat perut kosong perlu diwaspadai karena bisa jadi itu adalah pertanda gangguan pada lambung atau yang disebut dengan sakit maag.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroentero-Hepatologi, Dr. Hendra Nurjadin menjelaskan sendawa disaat kenyang atau habis minum soda sangat wajar.

Tetapi jika keadaan perut kosong dan sering dipancing untuk sendawa maka gas lambung akan naik ke bagian atas saluran penceranaan, padahal sistemnya saluran pencernaan menurun ke bawah.

Gas lambung tersebut seharusnya keluar lewat saluran pencernaan bagian lewat bawah atau kentut.

“Disendawain kan gak normal, kan one way dari atas kebawah gak boleh dibolak-balik, nanti organ kendor padahal itu suka disengajain, itu ndak boleh bisa menyebakan asam lambung naik ke atas,” kata dr. Hendra saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat.

Baca: Asam Lambungnya Kambuh karena Stres, Vanessa Angel Tertunduk Saat Dipindahkan ke Rutan Medaeng

Meski tidak ada patokan khusus naun sendawa yang dibuat-buat dan sudah berlangsung selama lima tahun harus segera diperiksakan ke dokter karena menurut dr. Hendra dapat memancing penyakit lainnya seperti kanker lambung.

Penyakit kanker lambung itu bisa terjadi karena kondisi kerongkongan akan lecet karena terus-menerus diiritasi oleh pH dari lambung, dan luka tersebut dapat menimbulkan peradangan.

Akibat peradangan yang dapat menimbulkan pendarahan itu maka dapat menyebabkan penyakit kanker lambung.

“Di kerongkonagn 7,2 pH nya, tiap hari diiritasi PH 2 jadinya lecet, menebal, merah-merah di kerongkongan, adanya injury naik ke atas lecet menjadi peradangan lama makin besar, ke arah kanker nanti, setelah lima tahun hati-hati,” papar dr. Hendra.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved