Fungsi Penting Vaksin Untuk Anak-anak Hingga Lanjut Usia

Vaksinasi mampu mencegah seseorang dari berbagai penyakit menular yang juga beresiko mematikan.

Fungsi Penting Vaksin Untuk Anak-anak Hingga Lanjut Usia
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Cinta Laura saat melakukan suntik HPV di talkshow ‘Perempuan Aktif dan Mandiri Tanpa Kanker Serviks’ di pameran foto #IamTrulyWoman di Plaza Indonesia, Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Vaksinasi mampu mencegah seseorang dari berbagai penyakit menular yang juga beresiko mematikan.

Adapun vaksin bekerja dengan menimbulkan antibodi dengan memberikan antigen berupa bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan sehingga dapat mengetahui, mengingat dan menghancurkan kuman atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Tubuh pun dapat dengan mudah mengenali dan mencegah benda asing yang nantinya masuk dan menyerang tubuh.

Dengan fungsi dan cara kerja tersebut vaksin tidak hanya baik untuk anak-anak tapi juga orang dewasa.

Karena fungsi vaksin tersebut dan dalam rangka Pekan Imunisasi 2019, Sanofi Pasteur bekerjasama dengan WHO, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Ronald McDonald House Charities (RMHC) pun mengadakan kampanye ‘Kenapa Harus Vaksin’ di Sosial Media.

Baca: Pentingnya Manajemen Puasa Bagi Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Saat Bulan Ramadan

Dari kampanye tersebut diketahui kalau vaksin sangat melindungi anak-anak karena saat bayi lahir sistem kekebalan tubuhnya berjuang melawan jutaan kuman (bakteri dan virus).

Walaupun bayi memiliki perlindungan terhadap beberapa penyakit menular karena adanya antibodi dari sang ibu dan vaksin yang diterima oleh ibu sebelum bayi lahir namun harus tetap dibantu oleh vaksin.

Baca: Obat yang Sebaiknya Jangan Diberikan kepada Anak, Sebab Efeknya Bisa Lebih Buruk

Sementara pada orang dewasa khususnya yang sudah delapan tahun ke atas perlu diberikan imunisasi karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi saat ini belum sepenuhnya tereliminasi.

Maka vaksin aman dan efektif mencegah penyakit, vaksin dapat membuat orang dewasa tetap sehat seperti halnya diet dan olahraga.

Baca: Manfaat Nanas, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Sampai Cegah Kanker

Sebagian orang dewasa adalah kelompok berisiko seperti penderita penyakit kronik diabetes, jantung, asma, penyakit paru dan ibu hamil, juga orang yang berisiko karena pekerjaannya.

Pada untuk orang yang lanjut usia tepatnya kisaran usia 60 tahun ke atas, juga sangat memerlukan vaksinasi karena sudah mulai penurunan kekebalan tubuh dan penurunan fungsi organ secara umum.

Baca: Seluruh Postingan di Akun Resmi Gojek Menghilang, #InstagramGOJEK Jadi Trending Topic di Twitter

Lagipula banyaknya paparan kuman pada lanjut usia yang memudahkan terjadinya infeksi pada lanjut usia.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved