Pentingnya Deteksi Dini Kehamilan, Ternyata Bisa Cegah Penularan Hepatitis dari Ibu ke Bayi

Deteksi dini pada ibu hamil ternyata sangat penting, satu diantaranya adalah untuk mencegah penularan hepatitis ke anak.

Pentingnya Deteksi Dini Kehamilan, Ternyata Bisa Cegah Penularan Hepatitis dari Ibu ke Bayi
guetau.com
Tes kehamilan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Deteksi dini pada ibu hamil ternyata sangat penting, satu diantaranya adalah untuk mencegah penularan hepatitis ke anak.

Pasalnya risiko penularan hepatitis ke risikonya bisa mencapai 90 sampai 95 persen terutama untuk jenis hepatitis B, C, dan D.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr. Wiendra Waworuntu menjelaskan tiga jenis itu berpotensi ditularkan karena cara penularannya bisa melalui kontak cairan tubuh.

Kontak cairan tubuh tersebut bisa terjadi dari ibu ke anak, anak ke anak, atau dari dewasa ke anak, transfusi darah dan organ yang tidak diskrining, penggunaan jarum yang tidak aman, hubungan seksual, serta kontak dengan darah.

Sementra hepatitis lainnya seperti hepatitis A dan hepatitis E penularannya melalui kotoran atau mulut.

Nafsu makan berkurang jadi salah satu tanda penyakit hepatitis A.
Nafsu makan berkurang jadi salah satu tanda penyakit hepatitis A. (kolase/net)

“Cara penularan hepatitis A melalui kotoran, kalau ada orang membuang tinja sembarang, kemudian tidak cuci tangan pakai sabun dan menyentuh makanan dia bisa terinfeksi hepatitis akut, dia bisa menjadi carier sampai selesai masa inkubasi sekitar 50 hari,” kata dr. Wiendra di Jakarta.

Adapun ajakan untuk deteksi dini hepatitis B pada ibu hamil mulai digalakkan di Indonesia pada 2013, dimulai dari DKI Jakarta dan terus berkembang ke provinsi lain di tahun-tahun berikutnya.

Sejak 2016, pemeriksaan hepatitis pun mulai dilakukan dengan Rapid Diagnostic Test (RDT) Hepatitis B surface Antigen (HBsAg).

Berdasarkan Sistem Informasi Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (SIHEPI) 2018-2019 jumlah ibu hamil yang diperiksa hepatitis B sebanyak 1. 643.204 di 34 provinsi.

Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved