Imbau Pola Hidup Sehat, Wapres JK Tidak Ingin Masyarakat Terkena Obesitas

Wapres JK pun menyebut 'negeri paman sam' Amerika Serikat (AS) sebagai contoh negara yang maju dalam segala sektor, namun kalah dalam menerapkan pola

Imbau Pola Hidup Sehat, Wapres JK Tidak Ingin Masyarakat Terkena Obesitas
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara 'Peluncuran Komunitas dan Kampus Sehat' yang digelar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memiliki 'segudang' tips untuk disampaikan kepada masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat agar bugar seperti dirinya.

Saat menghadiri acara Peluncuran Komunitas dan Kampus Sehat di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019), ia mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat melalui kegiatan rajin berolahraga hingga menjaga pola makan yang mengandung gizi seimbang.

Pengalamannya sebagai pemimpin negara tentu mewajibkannya untuk selalu sehat dan bugar agar mampu menjalankan tugasnya, baik di dalam negeri maupun ketika mewakili Indonesia dalam kunjungan kerja ke negara lainnya.

Wapres JK pun menyebut 'negeri paman sam' Amerika Serikat (AS) sebagai contoh negara yang maju dalam segala sektor, namun kalah dalam menerapkan pola hidup sehat bagi warganya.

Baca: Wapres JK Soroti Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat, Makan Saja Tidak Berkeringat

Hal itu karena sebagian masyarakat di negara yang dipimpin oleh Presiden Donald Trump itu mengalami kasus obesitas atau kelebihan berat badan.

Penyakit itu dianggap berbahaya karena mampu menimbulkan dampak paling parah yakni kematian, jika para penderita obesitas tidak segera menyadari dan belajar menerapkan pola hidup sehat.

Di negeri paman sam, budaya mengkonsumsi fast food atau makanan cepat saji masih sangat tinggi sehingga di sana banyak ditemukan kasus penderita obesitas.

"Amerika Serikat, walau negeri hebat, tapi sepertiga orangnya obesitas karena makan hamburger, minum Coca Cola," ujar JK.

Ia pun tidak ingin pengalaman seperti itu terjadi pada masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau masyarakat agar rajin bergerak, mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, cukup dalam beristirahat, dan menghindari pikiran yang bisa memicu stres.

Selain itu, JK juga menyarankan agar masyarakat secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, agar bisa segera mengetahui kondisi terkini tubuh mereka.

Baca: Tips Sehat ala Wapres JK, Harus Banyak Berolahraga

"Kita tidak ingin begitu, (makanya) harus bergerak, makan seimbang, tidur cukup, jangan stress, baru periksa kesehatan," tegas JK.

Terkait penerapan pola makan yang sehat, pemerintah pun telah menggaungkan kampanye 'Isi Piringku'.

Kampanye ini merupakan pengganti program 4 Sehat 5 Sempurna.

Mengingat bahan makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia berbeda-beda pada tiap daerah, pemerintah juga memberikan panduan agar mereka bisa menerapkan pola makan yang disesuaikan dengan daerahnya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved