Kalbe Junior Scientist Award Jadi Awal Diperkenalkannya Karya Sains Berbasis Digital pada Anak-Anak

Kalbe Junior Scientist Award ajak anak-anak mampu berpikir kreatif dan memecahkan masalah di sekitarnya melalui pendekatan sains

Kalbe Junior Scientist Award Jadi Awal Diperkenalkannya Karya Sains Berbasis Digital pada Anak-Anak
IST
PT Kalbe Farma 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe)  memberi penghargaan kepada pemenang  Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2019 memberikan penghargaan kepada 10 pemenang kategori Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sehari sebelumnya,  peserta telah melakukan presentasi karya sains di hadapan dewan juri.

Adapun 5 pemenang Karya Sains kategori SD adalah sebagai berikut (1) Anneke Nazeeya Setiawan dari Sekolah Kuntum Cemerlang, Bandung dengan judul karya Kick It Out; (2) Muhammad Akbar dari Syafana Primary Islamic School, Tangerang dengan judul karya Alat Cuci Tangan Otomatis.

Kemudian Ghirta Mahataksya dari SD Saraswati 3, Denpasar dengan judul karya Alat Pengisian Botol Otomatis; (4) Mahrus Ali Fawwas dari SD Muhammadiyah Manyar, Gresik dengan judul karya Detektor Aktif Kadar Alkohol; (5) Zayyan Ahmad Hanan dari SDIT Darul Abidin, Depok dengan judul karya Kampanye Pelestarian Sda Minecraft.

Adapun 5 pemenang Karya Sains kategori SMP adalah sebagai berikut (1) Sofi Wulan Ramadhani dari SMP Muhammadiyah 2, Denpasar dengan judul karya Automatic Trash Machine; (2) Else Windasari dari SMP 1 Jetis, Ponorogo dengan judul karya Robot Orak-Arik Gabah.

Lalu Callista Samantha Dina Charis dari SMPK Penabur Kota Wisata, Bogor dengan judul karya Smart Digital Iot System; (4) Gavin Malik Setiawan dari Sekolah Kuntum Cemerlang, Bandung dengan judul karya Jemput Aku; (5) Kurnia Ramadhani Wibawaningtyas dari SMPN 1, Bantul dengan judul karya Alat Pemberi Nutrisi Otomatis.

 Seluruh pemenang di setiap kategori SD dan SMP akan mendapatkan hadiah sebagai berikut: Juara 1 mendapatkan Rp 15 juta, Juara 2 mendapatkan Rp 12,5 juta, Juara 3 mendapatkan hadiah Rp 10 juta dan juara 4-5 masing-masing mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta. Sedangkan guru pendamping SD dan SMP juga mendapatkan hadiah masing-masing Rp 3 juta.

Turut hadir dalam acara penghargaan ini L.T Handoko selaku Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bernadus Karmin Winata Direktur PT Kalbe Farma Tbk serta Dewan Juri KJSA 2019.

Kesepuluh pemenang KJSA 2019 juga berpartisipasi dalam Indonesia Science Expo (ISE) yang diselenggarakan oleh LIPI sejak 23-26 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

Bernadus Karmin Winata, Direktur PT Kalbe Farma Tbk menyatakan, Kalbe Junior Scientist Award merupakan bagian dari komitmen Kalbe untuk terus berkontribusi bagi perkembangan sains di Indonesia, khususnya anak-anak. 

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved