5 Manfaat Penting Bawang Putih bagi Kesehatan

Mengkonsumsi bawang putih juga semakin mudah. Di samping dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah, dapat dikonsumsi melalui suplemen kesehatan

5 Manfaat Penting Bawang Putih bagi Kesehatan
Kolase Tribunnews/medicalnewstoday.com/ indiatimes.com
bawang putih usir nyamuk 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu bumbu masak yang tersedia di hampir setiap rumah orang Indonesia ialah bawang putih.

Bumbu yang satu ini banyak digunakan untuk segala jenis masakan, terutama sebagai penambah penyedap rasa sayur dan hidangan lainnya.

Rempah bumbu ini sudah menjadi tradisi setiap orang tua kita turun temurun. Ternyata, dari sisi kesehatan, bawang putih mengandung banyak manfaat.

Antara lain mengurangi risiko darah tinggi, kanker, hingga menjadi antibiotik alami yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi bawang putih juga semakin mudah. Di samping dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah, dapat dikonsumsi melalui suplemen kesehatan.

Kini tersedia suplemen kesehatan yang didalamnya berisi bawang putih yang telah diolah.

Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut ini uraian dari tim Jovee, produsen suplemen kesehatan yang memiliki motto ‘Asisten Personal Anda untuk Gaya Hidup Makin Sehat’,

1. Meningkatkan ketahanan tubuh
Mengkonsumsi bawang putih yang rutin dapat menjadikannya sebagai obat antibiotik alami yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Anda yang terbiasa mengkonsumsinya dalam bentuk makanan maupun suplemen dapat terhindar dari penyakit musiman seperti pilek dan flu.

Fungsinya sebagai ‘antibiotik alami’ karena bawang putih mengandung diallyl sulfide yang dapat melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan, dan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum.

2. Mengurangi risiko kanker
Manfaat menguntungkan yang satu ini dari bawang putih telah dikenal selama berabad-abad. Literatur kesehatan, di antaranya dari National Cancer Research Institute, menunjukkan ada kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Halaman
12
Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved