Breaking News:

Virus Corona

Beli Baju dan Barang dari China Bisa Tertular Virus Corona? Ini Penjelasan Kemenkes RI

Sampai saat ini belum diketahui penularan sesungguhnya dari virus corona yang sedang mewabah di kota Wuhan, China.

tribunnews.com/ist
Pakar kesehatan China telah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk menghindari tempat keramaian termasuk salah satunya bioskop untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang berakibat pada meruginya beberapa bioskop di seluruh China. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Sampai saat ini belum diketahui penularan sesungguhnya dari virus corona yang sedang mewabah di kota Wuhan, China.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihartono menyebutkan dugaan penularan sampai saat ini karena kontak langsung.

“Masih diduga karena kontak langsung seperti omongan udara, droplet (partikel kecil dari mulut, jadi kalau yang batuk bisa pakai masker, kalau deket orang batuk kita melindungi diri,” ucap Anung di Kemenkes, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Anung menyebutkan tentunya muncul kekhawatiran dari masyarakat mengenai keamanana menggunakan barang-barang buatan China.

Baca: Pemerintah China Sebut Pasien Corona Hanya 2.800, Dunia Medis Sebut 44.000 Terinfeksi

Baca: Laporan Terbaru Wabah Virus Corona Pertama di Eropa, Tiga Kasus di Prancis

Baca: Update Virus Corona: 82 Orang Meninggal Dunia, 61 Orang Sembuh

Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020.
Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020. (EPA-EFE/STR)

Namun dipastikan tidak ada masalah menggunakan barang-barang dari China.

Untuk memastikan sterilisasinya cuci dulu saja produk pakaian atau makanan yang baru dibeli.

“Tidak ada ceritanya karena makanan, pakaian, gak ada,” ucap Anung.

“Beli pakaian dari China ketularan? Ya enggak, dicuci dengan bersih dulu,” sambung Anung.

Petugas berjaga di pintu masuk Ruang Isolasi Inspeksi Khusus, Gedung Kemuning Instalasi Pelayanan Terpadu, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020). Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung saat ini tengah melakukan observasi dua pasien laki-laki dewasa, warga negara China dan WNI yang diduga terjangkit novel coronavirus (nCov) atau virus corona di Ruang Isolasi Inspeksi Khusus. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas berjaga di pintu masuk Ruang Isolasi Inspeksi Khusus, Gedung Kemuning Instalasi Pelayanan Terpadu, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020). Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung saat ini tengah melakukan observasi dua pasien laki-laki dewasa, warga negara China dan WNI yang diduga terjangkit novel coronavirus (nCov) atau virus corona di Ruang Isolasi Inspeksi Khusus. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Kemudian untuk mencegah penularan, ada dua langkah yang terus diingatkan pihak Kemenkes.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved