Breaking News:

Virus Corona

Cara Jaga Kehamilan Selama Pandemi Virus Covid-19 Sesuai Usia Kandungannya

Di masa pandemi virus corona (covid-19), ibu hamil harus menghindari stres dan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat.

pixabay.com
Ilustrasi ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di masa pandemi virus corona (covid-19), ibu hamil harus menghindari stres dan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat.

Tentunya untuk menjaga kesehatan disesuaikan dengan usia kandungan ibu hamil. Sebab, tingkat kerentanannya berbeda untuk usia kehamilan.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana (BKKBN) yang juga dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo SP.OG (K), membagikan tips bagi ibu hamil sesuai usia kandungannya.

Baca: Pusing dan Mual Saat Pandemi Covid-19? Simak Solusi dari Dokter Kandungan untuk Ibu Hamil Muda

Untuk trimester awal usia kandungan 1 sampai 3 bulan terutama pada ibu yang baru hamil anak pertama yang penting adalah prinsip kehati-hatian karena janin masih sangat ringkih.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019). (Tribunnews.com/Fitri Wulandari)

"Bagi ibu muda butuh prinsip kehati-hatian, ada resiko keguguran jadi istirahat, tidak hubungan seks, tidak capek, minum vitamin karena dokter ada kasih vitamin biasanya," ungkap Hasto saat webinar website Siap Nikah, Senin (4/5/2020).

Baca: Melahirkan Anak Pertama, Westny DJ Lewati Proses Persalinan Selama 5 Hari

Kemudian memasuki usia empat hingga lima bulan, saat kandungan mulai stabil, Hasto menyarankan agar melakukan Tes USG dan minta sedetil mungkin kepada dokter kandungannya terkait kondisi kehamilan dan janin.

Jika dokter kandungannya mengatakan kandungan baik-baik saja maka kontrol kandungan bisa dilakukan dua bulan kedepan untuk menghindari ibu hamil bepergian lama keluar rumah.

"Hamil empat sampai lima bulan minta usg tanya bagus atau enggak kehamilan saya atau tidak , kalau sehat kontrol 2 bulan lagi gak papa insyaAllah bulan lagi pandemi sudah selesai," kata Hasto.

Baca: Melahirkan Anak Pertama, Westny DJ Ingin Sepenuhnya Jadi Ibu Rumah Tangga

Apabila saat ini sedang hamil usia tujuh sampai sembilan bulan istirahat sangat penting sambil memancing respon anak di dalam kandungan untuk aktif bergerak si dalam perut.

Dalam menjaga kehamilan jelang melahirkan Hasto mengingatkan agar tidak berhubungan seksual dulu untuk menghindari pecah ketuban lebih cepat yang bisa membuat infeksi atau bayi lahir prematur.

"Kalau usia tujuh, delapan, sembilan bulan jangan hubungan seks dulu nati pecah ketuban sebelum waktunya, berisiko pada kelahiran anak," pungkas Hasto.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved