Breaking News:

Penyerapan Vitamin dari Buah Akan Lebih Maksimal Jika Dikonsumsi Sebelum Makan Berat Saat Sahur

Nutrition Specialist Youvit, Rachel Olson berbagi tips langkah makan sehat saat sahur agar tubuh kuat dan mendapatkan manfaat vitamin dari makanan.

zoom-inlihat foto Penyerapan Vitamin dari Buah Akan Lebih Maksimal Jika Dikonsumsi Sebelum Makan Berat Saat Sahur
TRIBUNNEWS.COM/HENDRA GUNAWAN
Semangka

Laporan wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komposisi makan saat sahur sangat mempengaruhi daya tahan tubuh saat menjalankan ibadah puasa.

Nutrition Specialist Youvit, Rachel Olson berbagi tips langkah makan sehat saat sahur agar tubuh kuat dan mendapatkan manfaat vitamin dari makanan yang dikonsumsi.

Pertama, setelah bagun tidur buka sahur dengan minum segelas air putih untuk pemanasan organ tubuh yang istirahat tidak makan dalam beberapa jam.

Baca: Kementerian PANRB Sebut Manajemen Resiko E-Government Jadi Peluang Tingkatkan Kinerja Organisasi

Kedua, sebelum makan makanan utama konsumsi buah-buahan dulu, karena saat perut kosong penyerapannya lebih optimal sehingga vitamin dari buah sudah terserap tubuh lebih dulu.

"Saat perut kosong penyerapannya akan lebih tinggi lagi jadi kalau kita makan pusang vitamin dan mineral di dalam pisang diserap lebih optimal dibanding makan nasi dulu baru makan pisan," kata Rachel saat Webinar Sehat Jaman Now, Rabu (6/5/2020).

Baca: KSP Bantah Program Kartu Prakerja Proyek Nepotisme

Setelah makan buah barulah konsumsi makanan utama dengan komposisi makanan utama dengan porsi sedang dengan pilihan karbohidrat yang kaya serat.

"Karbohidrat kaya serat yang ada di buah, sayur, ubi, kentang, kacang, polong-polongan itu banyak seratnya," ucap Rachel.

Baca: AHY Instruksikan Kader Demokrat Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Covid-19

Kemudian saat sahur pilih protein nabati dan makanan yang rendah lemak atau menhindari goreng-gorengan, dan minum segelas air lagi sebelum imsyak.

"Kalau pakai menu soup itu bisa tambah cadangan air dalam tubuh dan satu asupan gelas air putih," kata Rachel.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved