Breaking News:

Pentingnya Imunisasi di Masa Pandemi, Jangan Ditunda Lagi!

Menjaga kesehatan tubuh anak bukan sekedar dengan nutrisi, tapi banyak penunjang lainnya, termasuk imunisasi dan menjaga kebersihan.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
IMUNISASI ANAK - Petugas mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap menyuntikkan vaksin pada anak yang mengikuti program imunisasi di Puskesmas Ngagel Rejo, Selasa (30/6/2020). Pelayanan imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal, meski saat ini Indonesia tengah dirundung wabah COVID-19 akibat virus Corona. Pelayanan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan tubuh anak bukan sekedar dengan nutrisi, tapi banyak penunjang lainnya, termasuk imunisasi dan menjaga kebersihan.

Ahli Tumbuh Kembang Anak dr. Ahmad Suryawan SpA(K) menyebutkan di awal-awal pandemi covid-19 memang ada imbauan untuk menahan waktu imunisasi untuk mengantisipasi covid-19.

Namun, saat ini imunisasi sangat dianjurkan oleh dokter anak.

Sebab, imunisasi dapat mencegah anak mengalami penyakit yang bisa dicegah dengan cara imunisasi seperti polio maupun hepatitis.

Baca: Wajib Imunisasi Anak di Masa Pandemi, IDAI Beberkan Risikonya Apabila Tidak Dilakukan

"Kalau tidak imunisasi maka penyakit lain akan meningkat jadi imunisasi dasar harus dilengkapi, jangan ditunda lagi," ucap dr. Ahmad saat webinar bersama Frisian Flag, Rabu (29/7/2020).

Poin berikutnya yakni kebersihan saat ini juga menjadi penunjang imunitas yang utama bagi anak-anak.

Contohnya kalau tangan anak bersih maka akan mengurangi masuknya virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Baca: Tiga Dasar Pendukung Tumbuh Kembang Anak, Salah Satunya Imunisasi

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh tangan kotor seperti diare, hepatitis, termasuk juga covid-19 yang saat ini menjadi pandemi dunia.

"Jadi kebersihan juga faktor yang mempengaruhi sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak," ungkap dr. Ahmad.

Kemudian dr. Ahmad juga menekankan soal nutrisi anak yang utama adalah ASI bagi 1000 hari perkembangan anak, setelah itu berikan makanan anak dengan komposisi karbohidrat, protein, serat, dan mineral yanh pas.

"Jadi anak itu yang utama adalah ASI enam bulan saja diberikan itu sangat melindungi anak, setelah enam bulan masukan miner, vitamin, protein, karbohdirat, untuk kekebalan anak," pungkas dr. Ahmad.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved