Breaking News:

Kelamaan Main Handphone Bikin Sakit Kepala, Ini Penjelasan Ahli

Selain keluhan pada mata, bermain handphone yang terlalu lama juga sering membuat sakit kepala.

ALTERNATIVE DAILY
Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain keluhan pada mata, main handphone yang terlalu lama juga sering membuat sakit kepala

Ada yang sakit di satu sisi, tapi ada juga yang di kedua sisi.

Dr. Iswandi Erwin, M.Ked (Neu), Sp.S menjelaskan kondisi sakit kepala akibat bermain handphone kelamaan, disebut tension headache atau sakit kepala akibat otot tegang di sekitar kepala.

"Jadi kalai nyeri kepala pada kedua sisi itu mengalami tension headache jika tudak ada kelainan yang mendasari," ungkap dr. Irwandi saat live bersama Radio Kesehatan, Kamis (6/8/2020).

Baca: Sering Merasa Sakit Kepala Setelah Makan Daging? Kenali Penyebabnya

Namun setelah dilalukan ronsen dan cek MRI (Magnetic Resonance Imaging) pada orang-orang yang suka bermain handphone dan mengeluh sakit kepala ada yang mengalami perubahan struktur tulang leher.

Perubahan struktur leher itu faktor utamnya karena kondisi kepala yang kebanyakan menunduk karena berjam-jam hanya fokus pada layar saja.

Ilustrasi sakit kepala atau pusing.
Ilustrasi sakit kepala atau pusing. (americanmigrainefoundation.org)

"Struktur gangguan leher ini makin kesini makin banyak karena banyak diantara kita yang main handphone kepalanya nunduk berjam-jam, sehingga otot-ototnya bermasalah membuat perubahan struktur tulang," tutur dr. Irwandi.

Perubahan struktur tulang itulah yang kemudian memancing timbulnya sakit kepala yang kalau berbahaya bisa sampai mengganggu aktivitas.

"Jadi tulang leher bermasalah ya karena main handphone kepala nunduk terus, gak disadari perubahan tulang dan itu menyebabkan sakit kepala," ungkap dr. Irwandi.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved