Breaking News:

Waspadai Bahaya Bisphenol A pada Kemasan Makanan

Masyarakat diminta mewaspadai bahaya Bisphenol A (BPA) merupakan zat kimia yang sering digunakan dalam banyak produk plastik.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
TribunStyle.com/ Kolase
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat diminta mewaspadai bahaya Bisphenol A (BPA) merupakan zat kimia yang sering digunakan dalam banyak produk plastik.

BPA Biasanya sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti wadah atau kemasan plastik, botol bayi, mainan anak-anak dan masih banyak lainnya.

Polikarbonat biasanya digunakan untuk barang-barang seperti peralatan makan, botol susu bayi, mainan bayi bahkan hingga empeng.

Selain itu, digunakan juga untuk peralatan medis, tinta cetak, CD maupun DVD.

Sedangkan paparan BPA paling sering terjadi melalui migrasi dari bahan kemasan yang mengalami kontak langsung dengan makanan.

Baca juga: Efek BPA Bagi Tubuh, Dokter Beri Penjelasan Begini

"Dalam hal ini, yang dimaksud adalah kemasan atau barang berbahan plastik dari polikarbonat maupun kemasan kaleng, khususnya untuk mengemas produk infant formula,” jelas Dr.-Ing. Azis Boing Sitanggang, S.TP, MSc selaku pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) saat Webinar bertajuk “Dari Rumah Mengenal BPA pada Kemasan Makanan” diadakan, Selasa (15/12/2020).

Webinar diinisiasi Cerdik Sehat yang bertujuan mengajak masyarakat terutama para orang tua milenial, untuk lebih memperhatikan kesehatan keluarga yang dimulai dari pemilihan kemasan makanan dan minuman.

Penjelasan lain, kata dia BPA adalah monomer yang digunakan dalam pembuatan polikarbonat dan resin epoksi.

Polikarbonat sendiri dikenal memiliki sifat yang kaku dan transparan.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved