Breaking News:

Banjir di Jakarta

Waspadai Risiko Penyakit Saat Musim Banjir, Bisakah Virus Corona Tertular Melalui Air?

Banjir di Jakarta terjadi saat pandemi Covid-19 belum berakhir. Sejumlah risiko penyakit wajib diwaspadai. Bisakah virus corona menular dari banjir?

Tribunnews/Jeprima
Aktivitas warga saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (8/2/2021). Banjir dengan ketinggian 2,5 meter memaksa sejumlah warga mengungsi ke pengungsian sementara. Tercatat 2.491 warga terdampak banjir, 506 di antaranya mengungsi di posko pengungsian. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Banjir di Jakarta terjadi saat pandemi Covid-19 belum berakhir. Sejumlah risiko penyakit pun wajib diwaspadai. Bisakah virus corona menular dari banjir?

Tak hanya penyakit menular, risiko kesehatan banjir juga bisa berasal dari:

- Tersengat listrik

- Kotoran buang air

- Limbang berbahaya rumah tangga, medis, dan industri

- Benda yang ikut hanyut terseret banjir

Baca juga: Rumah Roy Marten Kebanjiran, Sang Anak Panik, Mobil Mercy Tak Sempat Terselamatkan

Baca juga: Roy Marten Isolasi Mandiri Saat Rumah Banjir, Bagaimana Kondisinya?

Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas jalan Tol JORR TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan tingginya curah hujan tersebut mengakibatkan kemacetan panjang di jalan Tol JORR TB Simatupang, namun kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan 20 hingga 30 kilometer/jam. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas jalan Tol JORR TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan tingginya curah hujan tersebut mengakibatkan kemacetan panjang di jalan Tol JORR TB Simatupang, namun kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan 20 hingga 30 kilometer/jam. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

- Hewan liar biang penyakit yang terbawa banjir seperti tikus atau ular

Risiko kesehatan tersebut semakin meningkat di tengah wabah virus corona SARS-CoV-2.

Bisakah Virus Corona Menular dari Air Banjir?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, belum ada penelitian yang membuktikan virus corona bisa menular lewat air, termasuk air banjir.

Halaman
1234
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved