Breaking News:

Sering Menggemeretakkan Gigi ? Bisa Jadi Anda Mengalami Bruxism

Kasus dengan kondisi seperti ini banyak dialami masyarakat dan sebagian besar tidak menyadarinya karena biasanya kebiasaan ini dilakukan saat tidur

webinar Tribunnews.com
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sering 'menggemeretakkan' gigi saat tengah tertidur. Lalu apakah hal ini merupakan suatu penyakit ? 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sering 'menggemeretakkan' gigi saat tengah tertidur.

Lalu apakah hal ini merupakan suatu penyakit ?

Dokter Spesialis Gigi drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati mengatakan bahwa kondisi ini dalam istilah medis dinamakan 'Bruxism' atau 'Bruksisme'.

"Kebetulan dalam bahasa yang sering kami pakai atau bahasa medis adalah Bruxism atau disebutkan juga sebagai Bruksisme," ujar drg Anastasia, dalam live streaming Youtube Tribunnews, Jumat (5/3/2021) malam.

Ia menyebut kondisi seperti ini merupakan suatu gangguan yang dipicu beberapa faktor.

"Itu adalah gangguan komponen sistem pengunyahan akibat aktivitas parafungsional dari area pengunyahan kita, dari gigi dan mulut kita, dari fungsi normalnya," jelas drg Anastasia.

Baca juga: 40 Kambing Ditemukan Mati Tercabik di Bagian Kaki dan Perut, Diduga Digigit Binatang Buas

Menurutnya, kasus dengan kondisi seperti ini banyak dialami masyarakat.

Namun diantara mereka, sebagian besar tidak menyadarinya karena biasanya kebiasaan ini dilakukan saat penderita sedang tidur.

"Nah kasus ini banyak dialami, tetapi biasanya yang menyadarinya atau mengetahuinya adalah bukan sang penderita. Karena sebagian besar dilakukan pada saat penderita itu tidur," kata drg Anastasia.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved