Breaking News:

Terlalu Lama Menderita Obesitas Dapat Tingkatkan Risiko Beberapa Penyakit Kardiovaskular

Ppenelitian baru menunjukkan durasi obesitas yang dialami seseorang dapat berdampak signifikan pada kemungkinan berkembangnya penyakit kardiovaskular.

Istimewa
Ilustrasi obesitas 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lamanya seseorang dalam menderita berat badan yang berlebihan (obesitas), disebut dapat meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit.

Obesitas selama ini diketahui menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Kini, penelitian baru menunjukkan bahwa durasi obesitas yang dialami seseorang dapat berdampak signifikan pada kemungkinan berkembangnya penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari laman WBALTV, Rabu (24/3/2021), Dr. Jeffrey Landsman dari Mercy Medical Center menyebutkan risiko penyakit yang bisa muncul termasuk diantaranya diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi.

"Kelebihan berat badan dapat membuat anda resisten terhadap insulin, sehingga tubuh anda tidak merespons dengan baik insulin tersebut.

Dan itu menyebabkan gula semakin tinggi dari waktu ke waktu, ketika gula anda tinggi, itu menyebabkan pra-diabetes dan diabetes yang dapat merusak jantung dan pembuluh darah," kata Landsman.

Studi tersebut menggambarkan pentingnya tindakan pencegahan timbulnya obesitas.

Namun saat seseorang telah mengalami obesitas, risiko penyakit kardiovaskular pun dapat dikurangi melalui upaya penurunan berat badan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved