Breaking News:

Benarkah Kumur Air Garam Dapat Obati Radang Tenggorokan? 

Air Garam menurut dr Ridha dapat memberikan pertolongan pertama bagi radang tenggorokan. Dapar membantu membilas sumber nyeri.

Tribunjualbeli.com
Berkumur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Radang tenggorokan timbul karena ada peradangan atau iritasi yang disebabkan oleh virus, bakteri atau makanan dan minuman. 

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita radang tenggorokan adalah rasa tidak nyaman dan nyeri maupun gatal pada tenggorokan. Pada tahap yang lebih parah bahkan sulit untuk menelan makan. 

Untuk mengatasi hal itu, berbagai cara pun dilakukan. Baik secara medis maupun penanganan secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Salah satunya adalah berkumur dengan air garam.

Menurut dr Ridha Patria Febriani, Sp. THT- KL, membasuh tenggorokan dengan air garam lumayan efektif untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri. 

"Bisa asal tidak terlalu banyak garamnya. Yang pentng air hangat lalu dikasih garam sedikit itu memang mengurangi peradangan," katanya dalam live streaming, Selasa (27/4/2021).

Air Garam menurut dr Ridha dapat memberikan pertolongan pertama bagi radang tenggorokan. Dapar membantu membilas sumber nyeri serta memberikan rasa nyaman.

Garam memang bersifat mengikat air. Kandungan garam yang tinggi pada larutan tersebut dapat menarik air yang berada di dalam jaringan tenggorokan yang mengalami peradangan

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved