Breaking News:

Penanganan Covid

Varian Delta Gampang Menular, Pakar Beri Saran sebagai Antisipasi, Singgung Penerapan Prokes

Beberapa studi menunjukan bahwa varian B.1617.2 asal India atau yang kini dinamai varian Delta memiliki sifat gampang menular.

kompas
ILustrasin virus corona. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa studi menunjukan bahwa varian B.1617.2 asal India atau yang kini dinamai varian Delta memiliki sifat gampang menular.

Meski demikian, Ketua Tim Peneliti WGS SARS-CoV-2, FK-KMK UGM dr. Gunadi PhD, Sp.BA, mengatakan, faktor utama yang menyebabkan terjadinya lonjakan kasus karena adanya interaksi sosial yang masif dan pelanggaran protokol kesehatan saat libur Idul Fitri.

Hal ini diperburuk dengan adanya varian baru yang lebih cepat penyebarannya.

“Makin tinggi interaksi sosial yang terjadi, maka peluang terjadinya lonjakan kasus makin tinggi,” ungkap dr. Gunadi diketerangannya seperti Selasa (15/5/2021).

Baca juga: Sebaran 145 Varian Baru Corona Ada di 12 Provinsi di Indonesia, Didominasi Varian Delta

Masyarakat diharapkan agar memperketat kembali protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, ditambah menghindari kerumunan dan mengurangi perjalanan yang tidak perlu.

“Karena interaksi sosial yang tinggi ditambah tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan meningkatkan transmisi virus sehingga mendorong lonjakan kasus,” imbaunya.

Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. (freepik.com)

Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid,
mengimbau agar masyarakat tidak jenuh dan bosan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. 

Hal ini juga berlaku bagi yang telah divaksinasi. 

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved