Breaking News:

Virus Corona

Aktif Bergerak Meski di Rumah Saja, Kurangi Risiko Terkena Penyakit Berat

aktif melakukan kegiatan tidak hanya dapat mengurangi risiko seseorang terkena Covid-19, namun juga penyakit berat lainnya.

zoom-inlihat foto Aktif Bergerak Meski di Rumah Saja, Kurangi Risiko Terkena Penyakit Berat
net
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini tentu membuat banyak orang merasa lelah dan bosan 'harus terus diam di dalam rumah'.

Bahkan diantara mereka ada yang hanya menghabiskan waktu dengan 'bermalas-malasan' dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Padahal meskipun saat ini masih dalam momen Work From Home (WFH), namun melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang sangat penting untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh.

Baca juga: Bolehkah Lansia Penderita Penyakit Demensia Divaksinasi Covid-19? Simak Penjelasan Ahlinya

Dokter Spesialis Olahraga, dr. Andhika Raspati, Sp.KO., mengatakan aktif melakukan kegiatan tidak hanya dapat mengurangi risiko seseorang terkena Covid-19, namun juga penyakit berat lainnya.

Karena dengan selalu aktif bergerak, maka kebugaran tubuh pun akan tetap terjaga sehingga tidak mudah terpapar penyakit.

"Kita itu di rumah harus aktif, karena kita akan dapat banyak manfaat, mulai dari mencegah Covid sampai penyakit di luar Covid yang nggak kalah mengerikan juga, ada diabetes, hipertensi, yang bisa terbantu kalau memang kita aktif bergerak," kata dr. Andhika, dalam virtual press conference peluncuran Activ Water', Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Tips Menurunkan Kadar Kolesterol LDL pada Tubuh agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Ia pun menjelaskan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang tidak terbiasa aktif bergerak, berisiko besar terkena penyakit berat, termasuk Covid-19.

"Di sisi lain, ada penelitian yang mengatakan kalau mager (malas bergerak) saja di rumah, orang-orang seperti ini lebih berisiko terkena Covid, dia bisa dapat kans untuk kena Covid lebih berat," jelas dr. Andhika.

Menurutnya, saat ini sudah banyak pilihan jenis olah raga ringan yang dapat dilakukan di rumah saat pandemi seperti ini.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan: Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Bahkan banyak video online yang menayangkan pola-pola latihan yang bisa secara mudah dipraktikkan di rumah.

"Di rumah itu banyak pilihan olahraga, di Youtube itu sudah banyak pilihan-pilihan video untuk workout," papar dr. Andhika.

dr. Andhika kemudian menyebut gerakan dance atau tarian pun dapat dipraktikkan pula, karena dapat membuat tubuh aktif bergerak.

"Bahkan dance-dance itu kita bisa anggap sebagai sebuah exercise," pungkas dr. Andhika.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved