Breaking News:

Virus Corona

Begini Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Benar untuk Cegah Penularan Penyakit

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) menjadi salah satu cara ampuh membunuh kuman, bakteri maupun virus yang menempel di tangan.

Tribunnews/Jeprima
Guru mendampingi murid saat mencuci tangan dengan sabun sebelum dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SDN Malaka Jaya 07, Jakarta Timur, Senin (30/8/2021). PTM terbatas terbagi atas dua sesi dengan durasi masing-masing berlangsung antara 2 hingga 3 jam. Selain itu peserta didik yang ikut dalam pembelajaran tatap muka maksimal 50 persen dari daya tampung perkelas dan pengaturan jarak 1,5 meter antar peserta didik. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) menjadi salah satu cara ampuh membunuh kuman, bakteri maupun virus yang menempel di tangan.

Cuci tangan pakai air saja tidak cukup mematikan kuman penyebab penyakit, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dengan cara yang tepat setidaknya selama 40-60 detik bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit termasuk Covid-19.

WHO menyarankan 7 langkah cuci tangan yang benar selama 20 detik sebagai berikut, seperti dikutip dari laman Facebook Kementerian Kesehatan :

Pertama, Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan

Lalu,  usap dan gosok kedua telapak tangan dengan sabun.

Ketiga, gosok kedua punggung tangan secara bergantian.

Baca juga: Pemerintah Dorong Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Budaya di Semua Sektor

Keempat, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih

Kemudian, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

Keenam, gosok dan putar ibu jari secara bergantian.

Seorang guru membimbing siswa mencuci tangan yang akan mengikuti Pengajaran Tatap Muka (PTM) hari pertama di SDN 232, Palembang, Senin (6/9/2021). Siswa dan guru menerapkan protokol yang ketat seperti selalu memakai masker, melakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam kelas. Siswa pun diatur untuk mengikuti pembelajaran tatap muka sebanyak seminggu dua kali pertemuan dengan durasi dua jam pelajaran.TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Seorang guru membimbing siswa mencuci tangan yang akan mengikuti Pengajaran Tatap Muka (PTM) hari pertama di SDN 232, Palembang, Senin (6/9/2021). Siswa dan guru menerapkan protokol yang ketat seperti selalu memakai masker, melakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam kelas. Siswa pun diatur untuk mengikuti pembelajaran tatap muka sebanyak seminggu dua kali pertemuan dengan durasi dua jam pelajaran.TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO (TRIBUN SUMSEL/TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO)
Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved