Breaking News:

Cara Tepat Pilih Vitamin C Agar Terhindar Dari Masalah Lambung, Waspada Kandungan Soda di Dalamnya

Bagaimana sebenarnya fungsi vitamin c? Bagaimana cara mengonsumsinya agar tepat dan tidak memunculkan masalah pada organ lain seperti asam lambung?

Penulis: Fahdi Fahlevi
Dok/Kompas.com
Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin C.Cara Tepat Pilih Vitamin C Agar Terhindar Dari Masalah Lambung, Waspada Kandungan Soda di Dalamnya 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vitamin C saat pandemi bisa dibilang ngehits, karena banyak diburu. Vitamin ini diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh saat covid-19 masih menghantui.

Bagaimana sebenarnya fungsi vitamin c? Bagaimana cara mengonsumsinya agar tepat dan tidak memunculkan masalah pada organ lain seperti asam lambung?

Baca juga: Vitamin C Penting untuk Imunitas, Bukan Hanya di Masa Pandemi

Baca juga: Mengenal Lambung Manusia: Pengertian, Struktur Lambung, Lapisan Dinding Lambung dan Fungsi Lambung

Ketua Indonesia Sport Nutritionists Association (ISNA) Dr. Rita Ramayulis mengatakan vitamin C berperan sebagai zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Dirinya mengatakan memasuki masa adaptasi kenormalan baru, vitamin C masih
berperan penting dalam mendukung sistem imunitas.

"Selain berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas," ujar Rita melalui keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Dirinya mengungkapkan vitamin C dapat memindahkan neutrofil atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi ke jaringan yang terinfeksi. Sehingga infeksi segera bisa diatasi.

Kemudian dapat mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama untuk tubuh terinfeksi atau tidak.

Petugas melayani konsumen yang membeli vitamin di salah satu apotek di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/6/2021). Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini membuat permintaan vitamin meningkat. Vitamin yang banyak dicari adalah vitamin C dan D guna meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas melayani konsumen yang membeli vitamin di salah satu apotek di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/6/2021). Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini membuat permintaan vitamin meningkat. Vitamin yang banyak dicari adalah vitamin C dan D guna meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Selain itu dapat mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya. Hingga mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu.

"Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C," kata Rita.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved