Sembelit hinga Nafas Bau Gejala Usus Kotor, Begini Cara Mengatasinya

- Usus yang sehat dan terjaga akan membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika usus kotor bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Kolase Tribunnews.com/ healthbodywise.com/ WebMD
Sembelit hinga Nafas Bau Gejala Usus Kotor, Begini Cara Mengatasinya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Usus yang sehat dan terjaga akan membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika usus kotor bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

 Usus dapat menjadi kotor akibat penumpukan sisa-sisa makanan di dalam tubuh. Namun, tidak perlu khawatir karena usus yang kotor dapat dibersihkan dengan cara alami yang mudah dilakukan. 

Baca juga: Pantau Kesehatan, Jemaah Haji Berisiko Tinggi Dibekali Gelang Pintar, Saturasi Turun Bisa Terdeteksi

Berikut ini beberapa tanda dan gejala jika usus kotor yang dikutip dari RS Siloam:

 1. Mengalami sembelit atau susah buang air besar

Ilustrasi sembelit
Ilustrasi sembelit (www.freepik.com)

Sembelit atau susah BAB disebabkan karena usus tidak menghasilkan banyak lendir yang berfungsi memperlancar saluran di dalam usus agar sisa-sisa makanan lebih mudah dikeluarkan dari perut. Produksi lendir di dalam usus dapat terhambat akibat faktor stres, konsumsi makanan yang tidak sehat, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

2. Cepat lelah

Kondisi ini bisa terjadi karena racun akibat sampah makanan yang mengotori usus masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Akibatnya tubuh terasa cepat lelah, sistem kekebalan menurun, dan berisiko terkena penyakit infeksi.

3. Nyeri diTubuh

Merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Seperti sakit kepala, tulang belakang, nyeri yang menjalar dari punggung hingga tubuh bagian bawah.

4. Bau mulut

Sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam usus ternyata dapat mengeluarkan gas dengan bau tak sedap. Gas tersebut akan berpengaruh terhadap pernapasan yang menyebabkan napas jadi berbau tidak sedap.

5. Gangguan tidur

Hal ini disebabkan karena mayoritas serotonin tubuh, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati dan tidur yang diproduksi di usus mengalami hambatan akibat usus yang kotor. 

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved