Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

Mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi tentunya sangat baik bagi tubuh, terlebih jika kamu sedang menjalani masa kehamilan.

Shutterstock
Ilustrasi. Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi tentunya sangat baik bagi tubuh, terlebih jika kamu sedang menjalani masa kehamilan.

Karena makanan yang kamu konsumsi adalah sumber utama nutrisi bagi bayi yang sedang kamu kandung.

Selama masa kehamilan, tentunya kamu akan membutuhkan protein dan kalsium untuk membangun jaringan dan membentuk tulang bayimu.

Baca juga: Apakah Semua Wanita Mengalami Gejala Awal Kehamilan?

Kamu juga akan membutuhkan asam folat ekstra untuk melindungi bayimu dari cacat lahir tabung saraf.

Selain itu, kamu juga membutuhkan lebih banyak zat besi untuk membantu sel darah merah dalam membawa oksigen untuk bayimu.

Lalu makanan apa saja yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi semua nutrisi penting yang dibutuhkan calon bayimu ?

Kamu bisa mulai mengkonsumsi 'makanan super' ini untuk masa kehamilanmu.

1. Biji-bijian utuh

Roti gandum
Roti gandum (ISTIMEWA)

Dikutip dari laman webmd.com, Sabtu (23/7/2022), roti gandum dan sereal yang diperkaya dengan asam folat dan zat besi memiliki lebih banyak serat jika dibandingkan dengan roti putih dan nasi.

Baca juga: Ingin Tunda Kehamilan, Pasutri Perlu Pertimbangkan Hal-hal Ini

Kamu bisa memasukkan biji-bijian utuh ke dalam menu harian, seperti oatmeal untuk sarapan, sandwich roti gandum saat makan siang, dan pasta gandum atau nasi merah untuk makan malam.

2. Telur

Pedagang saat merapikan telur ayam ras di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Harga telur ayam ras masih melambung tinggi, Pantauan Tribunnews.com di Pasar Kramat Jati harga telur per kilogramnya mencapai Rp 28.000, Hal ini pun berdampak pada berkurangnya daya beli masyarakat. Tribunnews/Jeprima
Pedagang saat merapikan telur ayam ras di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Harga telur ayam ras masih melambung tinggi, Pantauan Tribunnews.com di Pasar Kramat Jati harga telur per kilogramnya mencapai Rp 28.000, Hal ini pun berdampak pada berkurangnya daya beli masyarakat. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Telur merupakan sumber protein yang baik karena menyediakan asam amino yang dibutuhkan kamu dan bayimu.

Tidak hanya itu, telur juga mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin, yang baik untuk perkembangan otak bayi.

Namun kamu perlu memahami bahwa ibu yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi telur dengan proses masak setengah matang maupun mentah.

3. Berry

Blueberry, raspberry, dan blackberry adalah buah yang bisa dijadikan cemilan lezat.

Buah-buahan berry ini sangat cocok untuk dijadikan topping pada pancake dan sereal, serta mengandung vitamin C, potasium, folat dan serat.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved